February 22, 2013

DPD RI Bantu Bencana di Sulut

Bantuan DPD RI yang diterima oleh
Pemprov Sulut dan Pemko Manado
PEMPROV, FOKUSMANADO.COM - Musibah banjir dan tanah longsor di Sulawesi Utara beberapa lalu terus mendapat perhatian dari berbagai pihak, kali ini Dewan Perwakilan Daerah R.I mengunjungi Sulut sebagai bentuk kepedulian dan rasa senasib sepenanggungan dengan keluarga korban. Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua DPD R.I Irman Gusman yang diterima Sekprov Sulut S.R. Mokodongan mewakili Gubernur Sulut di Ruang VIP Pemprov Sulut Bandara Sam Ratulangi Manado Kamis (21/2) lalu.

Kepala BPBD Sulut Hoyke Makarawung dihadapan Sekprov Sulut, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Asisten Administrasi Umum Edwin Silangen, Kaban Kesbang Prov Sulut Gun Lapadengan serta beberapa pejabat terkait menjelaskan kepada rombongan mengenai data bencana, jumlah korban jiwa, serta kerugian yang diakibatkan bencana banjir dan tanah longsor tersebut lengkap dengan situasi terkini yang dihadapi korban. “Pada saat ini Pemerintah Provinsi Sulut bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten yang terkena dampak bencana telah melakukan langkah-langkah penanganan, serta bekerja sama dengan Tim SAR, Unsur TNI, serta pihak-pihak terkait dalam rangka penanganan bencana beberapa waktu lalu”.

Maksud kedatangan rombongan menurut Irman Gusman adalah sebagai bentuk bela sungkawa yang mendalam dari seluruh elemen Bangsa Indonesia atas apa yang terjadi di Sulut beberapa waktu yang lalu. “Kami hadir disini juga dalam rangka melakukan koordinasi dengan pihak terkait yakni Kementrian PU, Kementerian Sosial, BNPP, Depsos, Pemerintah Daerah serta seluruh elemen yang terlibat dalam penanganan pasca bencana di Sulut, sambil membawa bantuan guna membantu meringankan beban bagi yang tertimpa bencana”, ungkap Gusman yang didampingi Anggota DPD asal Sulut Marhany Pua.

Sekprov Sulut didampingi Asisten Administrasi Umum Edwin Silangen menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan empati dari Ketua DPD R.I bersama rombongan sambil berharap agar hal ini dapat menyembuhkan trauma korban dengan cepat. Pada kesempatan ini Sekprov menyampaikan usul melalui DPD R.I untuk melengkapi peralatan penanganan bencana di Daerah di Seluruh Indonesia. “Untuk kedepan saya mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui DPD R.I kiranya dianggarkan pengadaan alat berat seperti ekskavator di masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Seluruh Indonesia, sehingga ketika terjadi bencana, tidak harus menunggu ketersediaan alat berat dari Dinas PU, yang kita tahu bersama alat tersebut biasanya digunakan untuk proyek-proyek pembangunan”.

Rombongan kemudian bertolak ke lokasi posko tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor kota Manado yang berlokasi di Pasar Paal II Manado. Disana rombongan disambut oleh Wakil Walikota Manado, Pemerintah Kecamatan dan Keluarahan, Unsur TNI, SAR, unsur BPBD Sulut, serta warga masyarakat. Ditempat tersebut Ketua DPD R.I menyerahkan bantuan DPD RI Peduli berupa uang sejumlah Rp. 150.000.000,- yang diterima oleh Asisten III Pemprov Sulut dan diteruskan kepada Walikota Manado untuk diserahkan kepada keluarga dan korban bencana alam.

Demikian dilaporkan: Alex Terwin

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: