March 13, 2013

Dikpora Mendukung Visi Dan Misi Sangihe

Pemandangan Tahuna dari Pegunungan
SANGIHE, FOKUSMANADO.COM - Untuk kegiatan dana alokasi khusus sesuai juknis adalah swakelola, dilihat untuk kegiatan swakelola namanya kepala sekolah yang ada dikabupaten Sangihe dan mau membangun sekolahnya sendiri berpikir seperti rumah tempat tinggal. Demikian dikatakan, Kadis Dikpora Kabupaten Sengihe Dra. H. Tatawi, Mpd.

"Bangunannya sesuai dengan bestek didalamnya dengan bentuk bahan kayu yang cukup kuat, Kepsek tidak melangkahi sesuai dengan bestek yang ada,"  katanya.
Lanjuntya, dengan pengalaman dilapangan Swakelola ada banyak untungnya contoh kalau tidak meja dan kursih guru diambil dari sisa Swakelola, mereka adakan untuk pembuatan WC yang sudah rusak, membuat koridor misalnya dari ruang ke ruang lainnya.

"Jadi ada semacam pekerjaan tambahan diluar dari membangun ruang lainnya.  Swakelola selama ini tidak ada masalah tapi pada umumnya sekolah di Kabupaten Sangihe semuanya sangat baik dan rata rata sesuai dengan bestek dan aturan yang ada pada juknis,"tuturnya.

Ia juga mengatakan, tentang program laporan pembangunan rutin, dan berbicara program terdiri anggaran dana alokasi DAK dan APBN, dana alokasi khusus DAK sementara belum ada Juknis.

"Untuk pembagian Kuota sekolah masih menunggu Juknis dan ada beberapa rehabilitasi berat, ringan dan juga ada pengadaan guna menunjang pendidikan di sekolah.  Setelah Juknis akan turun pembagiannya seperti apa yang dilokasikan.  Data khusus untuk penerima DAK sudah ada tetapi untuk alokasi perjumlah anggaran  sesuai dengan kebutuhan renofasi, pengisian alat alat pendukung pembelajaran nantinya menunggu DAK,"jelasnya seraya menuturkan, untuk program APBN  tergantung dari sekolah dan untuk tahun 2013,  akan mendapatkan dari APBN  seperti rehabilitasi sekolah SMA, SMK  dan juga ada Satap untuk SD dan SMP. Sebetulnya satap sudah dibatasi karena kekurangan  guru, karena dilihat dari  pelayanan pendidikan dasar, untuk anak wajar 9 tahun juga melihat lokasi dimana ada tiga SD dan disitu perlu ada Satap.

"Alokasi pertama menuju di pulau pulau dan kesiapan lahan juga sangaat menentukan untuk kecamatan Tabukan Tengah ada di desa Bira, Kuluhe, Kahengesang.  Bisa ada Satap tergantung dari kesiapan lokasi, untuk anggaran tahun 2013 ada program rutin dilakukan seperti kegiatan Paskibraka Olimpiade Sains, Olahraga Kepemudaan dan masih banyak program 2013 mendukung Visi dan Misi Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe yaitu Bahari yang sejahtra dan bermartabat dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan kelautan dan perikanan,"paparnya seraya menambahkan, khususnya untuk pertanian mengangkat satu program yang dinamakan Gentasek (Gerakan Cinta Halaman Sekolah) dan dianjurkan setiap sekolah atau setiap siswa menanam satu pohon Cabe dan tenaman pangan lainnya.

"Perikanan dan kelautan pembudidayakan ikan sampai pada pengolahannya pengolahannya seperti pembuatan Naget, pembuatan Kecap Ikan, Kerupuk ikan Ikan, Ikan Asap, Ikan Asin.  Itu semua mendukung Visi dan Misi Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe,"pungkasnya.

Demikian dilaporkan: Nikson Katiandagho

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: