March 21, 2013

Salihi Mokodongan Resmikan Pasar Tradisional Desa Maelang

Bupati Bolmong  Hi Salihi Mokodongan
saat menandatangani Prasasti tanda peresmian Pasar Desa Maelang  
BOLMONG, FOKUSMANADO.COM - Kegairahan ekonomi masyarakat Kecamatan Sang Tombolang terus meningkat dan tumbuh seiring dengan diresmikannya Pasar Desa, pasar tradisional yang terletak di Desa Maelang Kecamatan Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.

Keberhasilan masyarakat dalam membangun pasar desa yang dianggarkan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat –PNPM Mandiri Perdesaan serta swadaya masyarakat membuktikan betapa kompak dan sinerginya pemerintah dan masyarakat yang ada khususnya di Kecamatan Sang Tombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.

Selain membangun fasilitas pasar, warga desa maelang juga membangun Balai Pertemuan Umum –BPU Desa Maelang dengan sumber anggaran yang sama.

Bangunan fisik prasarana desa berupa Pasar Desa dan BPU yang bersumber dari program PNPM-Mandiri Perdesaan serta ADD sebagai Swadaya masyarakat Maelang ini diresmikan Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan Selasa (19/3) lalu, di Desa maelang, dengan melakukan gunting pita dan penandatanganan prasasti sejumlah fasilitas yang baru dibangun tersebut, dengan anggaran sebesar 248 juta rupiah dengan swadaya masyarakat 23 juta rupiah.

Fasilitas lainnya yang turut diresmikan yakni  Drainase sepanjang kurang lebih 2 kilometer di desa Bolangat timur sebesar 153 juta dengan swadaya sebesar 1,2 Juta rupiah, dan pengerasan jalan perkebunan di desa pangi timur sebesar 197 juta rupiah dan swadaya masyarakat sebesar 3 juta rupiah.

Bupati dalam sambutan menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat kecamatan sang tombolang sehingga mampu menorehkan sejarah terwujudnya fasilitas penting bagi warga desa.

Olehnya Bupati berharap kepada masyarakat Kecamatan Sang Tombolang, agar fasiltas tersebut dapat dijaga dan dipelihara. Selain itu Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa lebih berperan aktif lagi dalam menunjang pembangunan sehingga program seperti ini akan selalu terasa manfaatnya.

“Mari kita semua selalu menjaga persatuan dan kesatuan, jalin kerjasama yang kokoh dan ciptakan kedamaian dalam mewujudkan Bolaang Mongondow yang Berbudaya Berdaya Saing dan Sejahtera,” ajaknya.

Reporter: Victorius Kundiman
Editor  : Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: