March 16, 2013

Sulut Kembali Dipercayakan Tempat Mobilisasi TNI

Gubernur Sulut, saat melakukan pertemuan
MANADO, FOKUSMANADO.COM - Kerinduan Gubernur Sulut DR. S H Sarundajang untuk mewujudkan Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) yang semakin sehat menuju Indonesia sehat, melalui berbagai strategi pembangunan kesehatan dan pengembangan koordinasi lintas departemen, kembali membuahkan hasil.

Di tahun 2013 ini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kesehatan mempercayakan Sulut sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Mobilisasi Sosial TNI dalam kerangka Program Nasional Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis dengan Strategi DOTS (Direct Oserved Treatment Shortcouse).

Kegiatan diawali dengan audiensi Tim Pelaksana bersama Gubernur SHS yang dilaksanakan Jumat (15/3) Kemarin di Gubernuran Bumi Beringin Manado.

Brigjen TNI dr. Douglas S. Umboh, MARS, Direktur Kesehatan Dirjen Kekuatan Pertahanan, Kementerian Pertahanan, sebagai ketua tim menjelaskan bahwa tujuan kegiatan mobilisasi social ini adalah dalam rangka meningkatkan daya ungkit penemuan kasus tuberkulosis di Provinsi Sulut.

“Pencanangan kegiatan rencananya akan dilaksanakan wilayah Kecamatan Wori Kabupaten Minahsa Utara, yang merupakan kerjasama TNI, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah  Kabupaten Minahasa Utara, untuk itu kami sangat memohon dukungan Bapak Gubernur untuk susksesnya acara ini,” ujar ex officio Kepala Sub Recipient Tuberkulosis (SR TB) Kementerian Pertahanan.

Gubernur SHS, setelah mendengarkan penjelasan tim, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang telah berkenan menjadikan Sulut sebagai tempat pelaksanaan acara ini.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Sulut, kami berterima kasih. Program  kegiatan ini sangat baik untuk penanggulangan penyakit TBC, apalagi dengan strategi DOTS yang akan mempercepat penyembuhan penyakit tuberculosis, Sulut akan semakin sehat. Pemprov mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” ujar Gubernur SHS.

Sementara itu, Dr. Jemmy Lampus, Kepala Bidang Pencegahan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program kegiatan sebelumnya yang terkait dengan penanggulangan TBC yang dilaksanakan pada November 2012, di Quality hotel dihadiri beberapa pejabat Kodim di Sulut yang wilayahnya memiliki potensi besar penyakit TBC.

“Kegiatan ini juga adalah rangkaian dari peringatan Hari TBC sedunia Tahun 2013, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2013 di Kabupaten Minahasa Utara, dengan keterlibatan unsur TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi wanita, LSM, kesehatan, dan masyarakat umum. Kegiatan penunjangnya antara lain jalan sehat, dan kampanye damai untuk kepedulian terhadap TBC serta pengobatan missal di Wori”, ujar Kabid PMK Diskes Sulut itu.

Hadir pula dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Pelayanan Kesehatan Integrasi Pusat Kesehatan TNI ex officio Kepala Program Manager SN TB Kementerian Pertahanan, Kolonel Laut (K) drg. Iria Rizal, Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Manado, Letkol CKM dr. Benny Untu, Sp.M., Project Officer SR TB Kementerian Pertahanan, Rusia Panu B.Sc,  dan staf Kementeriaan Pertahanan.

Reporter: Alex Terwin
Editor    : Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: