April 26, 2013

Chelsea Menang Tipis 2-1 Atas Basel

David Luiz merayakan golnya yang memenangkan Chelsea saat melawan Basel 
BASEL - Chelsea mendapatkan kemenangan berharga di leg pertama semifinal Liga Europa. Bertandang ke markas Basel, The Blues menang tipis 2-1. Gol penentu kemenangan mereka dicetak David Luiz di injury time.

Pada pertandingan di St. Jakob-Park, Jumat (26/4) dinihari WIB, Chelsea memimpin satu gol di babak pertama. Gol tim tamu tercipta atas nama Victor Moses.

Basel yang tertinggal berusaha mengejar di babak kedua. Beberapa menit sebelum waktu normal habis, mereka bisa menyamakan kedudukan lewat penalti Fabian Schaer.

Tapi, dewi fortuna masih memihak Chelsea. Di menit terakhir injury time, tendangan bebas Luiz memastikan kemenangan klub London Barat itu.

Kemenangan ini membuka lebar peluang Chelsea lolos ke final. Sebaliknya, untuk membalikkan keadaan Basel butuh kemenangan dengan skor minimal 2-0 di leg kedua yang akan digelar di Stamford Bridge, pekan depan.

Chelsea mendapatkan peluang emas pada menit ke-12. Umpan silang Cesar Azpilicueta dari sisi kanan disontek Frank Lampard, tapi sontekan Lampard dimentahkan oleh kiper Yann Sommer. Sepak pojok untuk tim tamu.

Dari situasi itulah, Chelsea membuka skor. Sepak pojok Lampard dibelokkan Moses ke dalam gawang Basel dengan kepalanya. Basel 0, Chelsea 1.

Basel bereaksi pada menit ke-17 melalui tendangan bebas Schaer. Tapi, Petr Cech membuat penyelamatan gemilang dengan menepis sepakan keras Schaer.

Percobaan Fernando Torres pada menit ke-34 tak membuahkan gol untuk Chelsea. Tembakan Torres dari luar kotak penalti mudah diamankan oleh Sommer.

Berselang dua menit, Sommer kembali membuat penyelamatan. Kali ini, dia menggagalkan sontekan jarak dekat dari Ramires dengan satu tangan.

Eden Hazard membuang kesempatan bagus yang dia peroleh pada menit ke-44. Umpan matang Moses membuatnya tinggal berhadapan dengan Sommer, tapi penyelesaiannya malah melenceng.

Tiga menit setelah dimulainya babak kedua, Basel nyaris menyamakan kedudukan. Valentin Stocker bermain umpan satu-dua dengan rekannya dan mendapatkan ruang tembak di kotak penalti Chelsea. Sial buat dia, tendangannya masih mengenai tiang gawang.

Memasuki menit ke-54, Torres juga menyia-nyiakan peluang. Berawal dari akselerasi Hazard di sisi kiri, bola diumpankan kepada Torres yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Tapi, penyelesaian Torres menghantam tiang.

Basel mengancam gawang Chelsea pada menit ke-68 melalui tembakan keras Fabian Frei. Namun, arah bola masih sedikit melenceng.

Tim tuan rumah kembali mendapatkan peluang enam menit kemudian. Marcelo Diaz menguasai bola di kotak penalti dan melepaskan tembakan melengkung, tapi arahnya masih melambung.

Empat menit sebelum berakhirnya waktu normal, Basel mendapatkan hadiah penalti setelah Azpilicueta dianggap melanggar Stocker. Schaer dipercaya menjadi algojo tendangan 12 pas dan menjalankan tugasnya dengan sempurna. Basel 1, Chelsea 1.

Tapi, drama ternyata tak berakhir di situ. Memasuki menit terakhir injury time, Chelsea mendapatkan tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti Basel. Luiz mengeksekusinya dan berhasil mengarahkan bola ke pojok bawah gawang tanpa bisa dihentikan Sommer.

Susunan Pemain
Basel: Sommer, Philipp Degen, Schaer, Dragovic, Park, Fabian Frei, Salah (David Degen 78'), El-Nenny (Zoua 65'), Die (Diaz 61'), Stocker, Streller

Chelsea: Cech, Azpilicueta, Ivanovic, Terry, Cole, Luiz, Hazard (Mata 71'), Ramires, Lampard (Oscar 79'), Moses, Torres.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: