April 30, 2013

HD Sakit, Tak Hadir Saat Debat Kandidat

Hamdan Datunsolang 
BOLMUT - Sangat disayangkan pada kegiatan debat kandidat yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (28/4) lalu, tidak dihadiri oleh slaah satu calon yang notabane adalah Hamdan Datunsolang.

Alasan ketidak hadiran HD pada momentum penting ini dikabarkan karena kesehatan  terganggu. "Mohon maaf pasangan calon bupati lagi kurang sehat," tandas Farid Lauma SE,  yang berdiri sendiri di belakang podium nomor urut 4.

Namun begitu, kegiatan debat kandidat yang dipandu IN Sumajow, dan menghadirkan DR Ir Adrian P Pangemanan MS, DR Dona Setiabudi SH MA, Drs Rembung MSi, Prof DR, Ir Winda Wingkat MSi, dan DR Sanbenuang Mangkapedua MPdI, berjalan lancar, aman dan damai. Semua pasangan seperti nomor urut 1 Drs Depri Pontoh-Suriansyah Korompot SH, nomor urut 2 Hamka SH MAP-Adi Mende ST, pasangan urutan 3 Karel Bangko SH-MI Christofel Buhang SSos, berhasil menuntaskan berbagai pertanyaan panelis.

Dilain pihak Panitia Pengawas (Panwas) menyayangan ketidak hadiran calon incumbent dalam beberapa tahapan Pemilukada. Pasalnya, HD tercatat sudah tiga kali tidak mengikuti tahapan Pemilukada yang digelar KPUD.

"Pertama, pleno penetapan jadwal kampanye, kemudian tidak hadir dalam kegiatan Pemilukada damai, dan kini juga mangkir dari kegitan debat kandidat," tandas Divisi Pelanggaran dan Penindakan Pemilukada Panwas Bolmut, Mustarin Humagi SHI.

Sehingga, Panwas berjanji akan menelusuri kebenaran atas alasan yang disampaikan HD ketika mangkir dalam beberapa momentum. "Kami akan menelusuri, sebab ini merupakan bagian dari pelanggaran administratf," pungkas Mustarin.

Reporter: Viktorius Kundiman
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: