April 25, 2013

Pasar Pinasungkulan di Bitung Minta Dibenahi

Pasar Pinasungkulan 
BITUNG - Salah satu nilai terbesar yang dapat menyumbang bagi  Kota Bitung kembali merebut penghargaan Swastisaba Wistara sebagai penghargaan tertinggi bagi kota sehat di Indonesia, yakni tatanan yang meliputi sarana prasarana umum seperti pasar sehat.

Pasar sehat merupakan unsur penting yang dinilai dalam kota sehat tahun 2013 yang diharapkan dapat mendongkrak nilai dari Kota Bitung untuk merebut kembali kota sehat Swastisaba Wistara untuk yang kedua kalinya.

Hal ini disampaikan Yon Ferry Kepala Seksi Standarisasi Subsit Penyehatan Kawasan Sanitasi Darurat Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Menurutnya, pasar sehat merupakan unsur penting yang akan dinilai sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Hal ini juga menurut Yon  Ferry diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Thun 2005 Nomor 1138 tahun 2005 serta Kepmenkes Noro 519 tahun 2008 tentang Pedoman  Penyelenggaraan  Pasar Sehat. “Bitung sudah meraih Swastisaba Wistara pada tahun 2011 lalu, untuk mempertahankan ini maka salah satunya yakni wajib adanya pasar sehat,” jelas Yon Ferry yang didampingi Kadis Kesehatan dr Vonny Dumingan MKes dan  dr Elisabeth Sompotan Kabid PMK  saat memberikan pembinaan kepada sejumlah Pengurus Forum Kota Sehat (FKS) Bitung dan para Kepala Puskesmas se Kota Bitung, Rabu (24/4) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bitung.

Selain itu, Yon Ferry juga mengingatkan agar seluruh tatanan yang pada tahun sebelumnya sudah di daiadakan dan dirawat harus terus di pertahankan.

Selanjutnya, Yon Ferry didampingi dr Vonny Dumingan,dr Elisabeth Sompotan dan sejumlah kepala puskesmas dan pengurus FKS melakukan peninjauan lapangan di klinik kesehatan warga di Kelurahan Bitung tengah, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kelurahan Winenet, Kelurahan Girian Bawah, Kelurahan Tendeki dan terkahir di Pasar Pinasungkulan Sagerat Kecamatan Matuari. “Pasar sehat Pinasungkulan ini sudah baik tinggal akan ditata dan dibenahi kembali beberapa sarana pendukungnya seperti sistim sanitasi pasar dan tempat pengelolaan limbahnya agar ditingkatkan,“ ujar Yo Ferry.

Sementara Kadis Kesehatan didampingi Kabid PMK mengatakan, kedepan akan melakukan koordinasi dengan Kadis Pasar untuk membenahi segala yang diperlukan. “Koordinas akan dilakukan melibatkan lisntas sektor dan untumk pasar Pinasungkulan akan berkoordinasi dengan Dinas Pasar,” kata Dumingan diiyakan Sompotan.

Sementara dari pantauan media center, dipasar Pisungkulan Sagerat ini masih membutuhkan pembenahan. Pasalnya di salah satu block ikan, pintu masuk pasar ini masih ada genangan air yang tidak masuk langsung ke drainase, seperti foto di atas.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: