April 11, 2013

Pemkot Bitung Abaikan Status Ratusan Warga Illegal

Kantor Pemkot Bitung  
BITUNG - Data sebelumnya dari Badan Kesbangpol kota Bitung ada 400an warga asing yang kerap disebut SAPI (Sanger Pilipina) berdomisili disejumlah kelurahan. Tahun 2012 lalu pemkot Bitung membentuk tim yang diketuai wakil walikota Max Lomban untuk memperjelas status kewarganegaraan warga SAPI.

Tetapi upaya dari tim tersebut tidak ada kejelasan sehingga status ratusan warga sampai sekarang masih illegal. Kepala kantor Imigrasi Bitung Nur El Islami ketika ditemui sejumlah wartawan Rabu (10/4) lalu, diruang kerjanya mengungkapkan warga illegal ini tidak ada dokumen.

Ia menerangkan kota Bitung banyak pintu masuk yang memudahkan para warga asing ini secara leluasa masuk. Ia juga mengakui lemahnya pengawasan dari instansi terkait untuk memeriksa kapal-kapal Pilipina saat masuk ke kota Bitung.

Lebih lanjut Islami mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan konsulat Pilipina dalam rangka menentukan status kewarganegaraan penduduk illegal ini. Menurut Islami bahwa pihaknya memiliki data jumlah warga illegal 400an dan Ia menuturkan pasti masih banyak lagi yang belum terdata.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: