April 25, 2013

Pengembangan Karir Pegawai Berdasarkan Kompetensi dan Kebutuhan Instansi

Saat Rapat BKN Pusat 
JAKARTA - Pengembangan karir pegawai dilakukan berdasar kompetensi yang dimiliki dan kebutuhan instansi pemerintah dengan tetap mengindahkan Norma, Standar, dan Prosedur Kepegawaian yang berlaku. Untuk itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus berusaha mewujudkan hal ini antara lain melalui pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) dan Assesment Centre .

Informasi ini disampaikan Sekretaris Utama Edy Sujitno saat memberikan arahan kepada para peserta Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Struktural Eselon III di lantai 2 gedung CAT BKN, Senin (22/4).

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto dan Kepala Biro Kepegawaian Tauchid Djatmiko.

Edy Sujitno lebih lanjut menyatakan bahwa kegiatan ini amat bermanfaat guna mendapatkan ‘peta’ yang komprehensif mengenai potensi dan kompetensi yang dimiliki para pegawai. Diharapkan agar semua peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini secara optimal.

Dalam laporannya, Tauchid Djatmiko menjelaskan bahwa kegiatan yang dikuti tiga puluh pegawai eselon III di lingkungan BKN Pusat dan sejumlah kantor regional berlangsung Senin-Jumat (22-26). Ada pun materi yang diujikan meliputi: Tes Kompetensi Kepegawaian dengan CAT, tes bahasa Inggris, dan penilaian kompetensi dengan metode Assesment Centre.

Sementara, Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana di gedung CAT menyatakan bahwa instansi pemerintah sudah selayaknya menghentikan praktik yang mengedepankan sistem senioritas dalam penempatan pegawai pada jabatan tertentu.

“Para pegawai harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing,”tandasnya.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: