April 22, 2013

Presiden RI Kunjungi Singapura, Myanmar & Brunei Darussalam Selama 5 Hari

Presiden RI bersama Istrinya  
JAKARTA - Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono akan melakukan kunjungan kerja ke 3 negara ASEAN yakni Singapura, Myanmar dan Brunei Darussalam. Presiden SBY bersama rombongan akan melawat mulai Senin (22/4) hingga Jumat (26/4) mendatang.

"Kunjungan ke Singapura merupakan kunjungan kerja yang akan berlangsung pada tanggal 22–23 April 2013. Kegiatan utama Presiden Yudhoyono di Singapura adalah menghadiri pertemuan tahunan Leaders’ Retreat," ujar staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah dalam rilis, Minggu (21/4).

Faizasyah mengatakan dalam Leaders’ Retreat tersebut, Presiden SBY akan menggelar pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Kedua pemimpin akan membahas berbagai perkembangan dalam hubungan dan kerjasama antara kedua negara, khususnya sejak pertemuan tahunan Leaders’ Retreat tahun lalu di Bogor.

"Di antaranya, akan dibahas perkembangan mengenai kerja sama di bidang-bidang yang menjadi perhatian dari 7 (tujuh) Kelompok Kerja (Working Group) Indonesia-Singapura. Bidang-bidang tersebut mencakup investasi, perhubungan udara, pariwisata, ketenagakerjaan, agribisnis, kontra terorisme, dan kerjasama di kawasan pertumbuhan Batam, Bintan, Karimun dan kawasan ekonomi lainnya," paparnya.

Sementara itu, kunjungan ke Myanmar pada 23-24 April merupakan kunjungan balasan atas kunjungan kenegaraan Presiden U Thein Sein ke Indonesia pada 5-6 Mei 2011. Melalui kunjungan ini diharapkan hubungan bilateral yang telah terbangun dengan baik selama ini, akan semakin diperluas.

Pertemuan bilateral utamanya akan membahas perkembangan kerjasama Indonesia-Myanmar di berbagai bidang, serta langkah-langkah untuk penguatan dan peningkatannya di masa depan.

"Dewasa ini, semakin terbuka ruang untuk meningkatkan kerjasama ekonomi mengingat perekonomian Myanmar semakin terbuka, seiring dengan proses transformasi demokrasi yang terus bergulir," kata mantan Jubir Kemlu ini.

Kedua Presiden juga dijadwalkan untuk menyaksikan penandatanganan beberapa nota kesepahaman, termasuk di bidang rice trade, capacity building, dan trade and investment. Presiden RI juga dijadwalkan untuk bertemu dengan perwakilan masyarakat Indonesia di Myanmar.

Pada 24 April 2013 Presiden SBY akan bertolak menuju Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-22. Selama di Brunei, Presiden SBY akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN.

"Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan untuk menghadiri KTT ke-9 Brunei-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan KTT ke-7 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)," ungkap Faizasyah.

Faizasyah menjelaskan kehadiran Presiden RI di KTT ASEAN di Brunei yang mengambil tema 'Our People, Our Future Together' adalah hal yang penting. Artinya untuk memastikan komitmen bersama untuk mencapai Komunitas ASEAN 2015.

"Pertemuan ASEAN ini akan pula dimanfaatkan untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan terkini di kawasan yang menjadi perhatian bersama negara-negara ASEAN," tutupnya.

Sumber: Detik
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: