April 25, 2013

Sambutan Gubernur Sulut Dalam Rangka Sensus Pertanian

SYALOOM, SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN
ASSALAMU’ ALAIKUM WARAHMATULAHI
WABARAKATUH,
OM SWASTYASTU,
NAMO BUDHAYA,


SAUDARA-SAUDARA WARGA SULAWESI UTARA YANG SAYA CINTAI,


MARILAH KITA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA,  KARENA ATAS RAHMAT DAN ANUGERAHNYA KITA MASIH DIBERIKAN KESEHATAN DAN KEKUATAN SERTA KEBERSAMAAN UNTUK MEMBANGUN DAERAH DAN BANGSA TERCINTA.
DITENGAH-TENGAH NUANSA KEHIDUPAN YANG RUKUN DAN DAMAI SAAT INI, SAYA MENGAJAK KITA SEKALIAN UNTUK MENDUKUNG DAN BERPARTISIPASI SECARA AKTIF PELAKSANAAN SENSUS PERTANIAN 2013 OLEH BADAN PUSAT STATISTIK SECARA SERENTAK DI SELURUH INDONESIA, TERMASUK DI PROVINSI SULAWESI UTARA, MULAI TANGGAL 1 SAMPAI 31 MEI 2013, AGAR DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, LANCAR DAN SUKSES.
SAUDARA-SAUDARA WARGA SULAWESI UTARA YANG SAYA CINTAI,
        KITA MENYADARI BERSAMA, BAHWA SEKTOR PERTANIAN BERPERAN PENTING DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI SULAWESI UTARA. KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBENTUKAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI SULAWESI UTARA TAHUN 2012 MENCAPAI 16,57%, TERBESAR KEEMPAT SETELAH SEKTOR JASA, SEKTOR PERDAGANGAN DAN SEKTOR KONSTRUKSI. SEKTOR PERTANIAN DI SULAWESI UTARA PADA AGUSTUS 2012 MAMPU MENYERAP TENAGA KERJA  SEBANYAK 33,32%.
PADA TANGGAL 1 SAMPAI 31 MEI 2013, KITA AKAN MELAKSANAKAN AMANAT UNDANG–UNDANG NOMOR 16 TAHUN 1997 TENTANG STATISTIK, YANG MERUPAKAN TUGAS BERAT NAMUN MULIA, YAITU SENSUS PERTANIAN 2013, YANG DILAKUKAN SETIAP 10 TAHUN SEKALI. PENYELENGGARAAN SENSUS PERTANIAN DILAKUKAN OLEH BPS SEJAK TAHUN 1963 DAN PELAKSANAAN TAHUN 2013 INI MERUPAKAN YANG KEENAM KALINYA.
TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS KITA INI SANGAT BERAT, KITA HARUS MENGHASILKAN DATA PERTANIAN YANG AKURAT DAN TEPAT WAKTU, KARENA DATA INI SANGAT STRATEGIS BAGI PARA PENENTU KEBIJAKAN DI BIDANG PERTANIAN SEPERTI DINAS DAN PETERNAKAN, DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, DINAS KEHUTANAN, DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN, BADAN PERENCANAAN NASIONAL (BAPPENAS), DAN DINAS INSTANSI LAINNYA.
DALAM SENSUS PERTANIAN 2013 SELURUH SUBSEKTOR PERTANIAN, YAITU TANAMAN PANGAN, TANAMAN HORTIKULTURA, TANAMAN PERKEBUNAN  PETERNAKAN, BUDIDAYA DAN PENANGKAPAN IKAN, TANAMAN KEHUTANAN, PERBURUAN, PENANGKAPAN ATAU PENANGKARAN SATWA LIAR, DAN PEMUNGUTAN HASIL HUTAN AKAN DISENSUS DAN HASILNYA AKAN DIOLAH MENJADI DATA DASAR STATISTIK PERTANIAN.
SENSUS PERTANIAN 2013 JUGA AKAN MENCATAT SELURUH PENGELOLA USAHA PERTANIAN DI INDONESIA DARI PERUSAHAAN BERBADAN HUKUM, PERUSAHAAN TIDAK BERBADAN HUKUM ATAU BUKAN USAHA RUMAH TANGGA DAN USAHA PERTANIAN DI RUMAH TANGGA.

SAUDARA-SAUDARA WARGA SULAWESI UTARA YANG SAYA CINTAI,
PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, PERKENANKAN SAYA MENGHIMBAU KEPADA SELURUH WARGA SULAWESI UTARA, SEBAGAI BERIKUT:
1.    MARILAH KITA SUKSESKAN PROGRAM NASIONAL SENSUS PERTANIAN TANGGAL 1 SAMPAI 31 MEI 2013.
2.    KEPADA PETANI, PETERNAK, PEKEBUN DAN NELAYAN YANG MERUPAKAN TARGET UTAMA PENDATAAN YANG ADA DI SULAWESI UTARA, BANTULAH PETUGAS SENSUS PERTANIAN 2013 DENGAN MEMBERIKAN JAWABAN YANG SEBENAR-BENARNYA.
3.    KEPADA PENGUSAHA YANG BERGERAK DI SEKTOR PERTANIAN DI SULAWESI UTARA, MARILAH KITA MEMBERIKAN DATA KEPADA PETUGAS SENSUS PERTANIAN 2013 DENGAN MEMBERIKAN JAWABAN YANG AKURAT.
4.    KEPADA JAJARAN PEMERINTAHAN YANG ADA DI TINGKAT PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA DI SULAWESI UTARA, BANTULAH PETUGAS SENSUS PERTANIAN 2013 DALAM MENJALANKAN TUGASNYA, AGAR PELAKSANAAN SENSUS PERTANIAN 2013 DI PROVINSI SULAWESI UTARA DAPAT BERJALAN DENGAN TERTIB DAN SESUAI JADWAL YANG TELAH DITETAPKAN.
SAUDARA-SAUDARA WARGA SULAWESI UTARA YANG SAYA CINTAI,
MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, SAYA MENGAJAK KEPADA SELURUH MASYARAKAT PROVINSI SULAWESI UTARA UNTUK DAPAT MENSUKSESKAN SENSUS PERTANIAN 2013 AGAR DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK DAN LANCAR DEMI TERKUMPULNYA DATA YANG LENGKAP DAN AKURAT. SEHINGGA PADA GILIRANNYA DAPAT MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF UNTUK MEWUJUDKAN PETANI INDONESIA YANG SEJAHTERA.
DEMIKIANLAH SAMBUTAN SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA, SENANTIASA MERESTUI SEMUA NIAT BAIK DAN UPAYA KITA BERSAMA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI SEKTOR PERTANIAN DEMI KEMAJUAN DAERAH DAN BANGSA TERCINTA.

TERIMA KASIH - PAKATUAN WO PAKALAWIREN
MOTOTABIAN,MOTOTOMPIAAN, BO MOTOTANOBAN
SOMAHE KAE KAHAGE,
SAN SIOTE SAN PATE-PATE
WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULAHI
WABARAKATUH,
OM SANTI, SANTHI, SANTIH, OM,
SHADU-SHADU-SHADU,
SYALOOM.

 GUBERNUR SULAWESI UTARA

 DR. S. H. SARUNDAJANG  

BAGIKAN KE: