April 20, 2013

UN Kacau, Komisi X Panggil Mendikbud Pekan Depan

Ilustrasi Ujian Nassional 
JAKARTA - Menyusul keterlambatan Ujian Nasional (UN) di 11 propinsi dan beberapa masalah yang ditemukan selama pelaksanaan UN 2013, Komisi X DPR segera memanggil Menteri Pendidikan M Nuh. Pemanggilan dijadwalkan pada hari Jumat 26 April pekan depan.

"Kami jadwalkan hari Jumat depan, mudah-mudahan nggak diundur lagi," kata ketua Komisi X Agus Hermanto, Sabtu (20/4). Komisi X adalah komisi yang membidangi masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan.

Menurut Agus, pemanggilan itu telah dijadwalkan pada minggu ini, namun rupanya Mendikbud masih berada di luar kota untuk melakukan pengawasan UN sehingga tak bisa hadir.

"Saya maklumi karena memang masih di luar kota, tapi saya berharap kali ini bisa hadir," ungkapnya.

Agus menturkan, pemanggilan itu terkait keterlambatan pelaksanaan UN di 11 propinsi yang pelaksanaanya dipimpin oleh Kemendikbud, maka komisi X ingin mendapat laporan evaluasi atas pelaksanaan UN tersebut.

"Karena penanggungjawab penyelenggara ada di Mendikbud. Memang dalam hal ini permasalahannya ada di percetakannnya, namun semuanya di bawah koordinasi yang menentukan order Mendikbud. Jadi kami akan tanyakan kok ujian nasionalnya jadi bermasalah yang akhirnya tidak betul," kata Agus.

"Jadi lebih fokus pada keterlambatan UN-nya,"tandasnya.


Sumber: Detik
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: