May 14, 2013

Di Tomohon Akses Jalan Perkebunan Dibuka

Walikota Tomohon saat memantau pekerjaan jalan perkebunan. 

TOMOHON – Program pembangunan dapat berjalan dengan sempurna jika didukung sepenuhnya oleh pemerintah dan segenap elemen masyarakat. Untuk itu, sebagai tindak lanjut pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat dan peringatan kesatuan gerak PKK yang dilakukan Pemerintah Kota Tomohon 2 Mei yang lalu, maka telah dicanangkan dan sudah dilaksanakan di masyarakat sejumlah program meliputi, Pembukaan Jalan Baru, Gerakan Anti Sampah (GAS), renovasi Poskamling, pembinaan kesehatan anak dan balita, penyaluran bibit tanaman apotik hidup dan dapur hidup, pelatihan usaha kecil menengah, bantuan bagi lansia serta pembersihan lingkungan tempat-tempat ibadah.

Puncaknya program kegiatan dilaksanakan, Senin (13/5) di kompleks persawahan Amien Kel. Taratara II, kecamatan Tomohon Barat, dimotori Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan Kota Tomohon yang serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Taratara 2.

Dalam laporan Ketua LPM Kelurahan Taratara 2, Drs Welly Lukas Pandey menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan berupa pembukaan Jalan Baru yang menghubungkan jalan Amian jalan tembus jalan lingkar persawaan amian sepanjang 120 meter.

Jalan ini dinilai sebagai akses penting masyarakat dalam memasarkan produk hasil pertanian dan persawahan. “ Dengan adanya jalan ini, maka petani tidak lagi mengintari jalan Kelurahan Tara-Tara I maupun Tara-Tara 3. Pembuatan jalan ini mendapat respon masyarakat karena terdapat 6 keluarga yang merelakan tanahnya untuk dibuatkan jalan,” kata Pandey kemarin.

Pandey berharap agar jalan yang sudah dibuka, bisa diperhatikan oleh pemerintah dengan melakukan pengaspalan agar lebih memadai. “ Kan program ini sebagaimana telah termuat dalam dokumen Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Tomohon Barat tahun 2013,” sebutnya.

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE Ak yang melakukan peninjauan langsung kegiatan tersebut, mengatakan sukses tidaknya pelaksanaan bulan bhakti gotong royong berada dipundak Pemerintah Kelurahan, Lembaga pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan, dan ditopang oleh seluruh elemen masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian bersama.

Eman juga mengapresiasi LPM Kelurahan Taratara II serta jajarannya yang sudah memulai kegiatan yang diyakini akan berdampak positif bagi kemajuan daerah. “ Saya berharap semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi Kelurahan-kelurahan yang lain,” ujarnya.

Walikota Tomohon juga menyerakan sarana dan prasarana penunjang dapur hidup kepada PKK Kelurahan Taratara II dan Piagam Penghargaan kepada 6 (enam) keluarga yang rela menghibahkan lahannya untuk dibuat jalan.

Kegiatan ini disaksikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kota Tomohon Max Mentu SIP MAP, Camat Tomohon Barat, Syske Wongkar SPd, Lurah Taratara II, Jeffry Piters Loho, Lurah Taratara I dan Lurah Taratara III beserta jajaran Pemkot Tomohon.

Sumber: Jurnalsulut
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE:

0 komentar: