May 27, 2013

Inilah 3 Bahan Alami Untuk Basmi Ketombe

Ilustrasi rambut gatal.
Ilustrasi rambut gatal. 
GAYA HIDUP - Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak bersih, stres, kulit kering, atau produk rambut yang tidak cocok. Daripada hanya keramas, lebih baik Anda mulai menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan ketombe.

Sebelum mengetahui beberapa bahan alami yang diperlukan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa mandi dan keramas lebih sering tak bisa membasmi ketombe. Dengan keramas lebih sering, Anda bisa mengontrol ketombe dengan melakukan sedikit pijatan pada kepala. Namun tentu Anda tak bisa keramas terlalu sering hanya untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa keramas dua kali sehari atau tiga kali sehari untuk mengontrol ketombe serta membersihkan kulit kepala dan rambut.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi ketombe, seperti dilansir oleh Health Me Up (23/05).

1. Terapi minyak kelapa
Minyak kelapa bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya adalah pijat kulit kepala dua kali dengan minyak kelapa hangat. Minyak kelapa membantu merawat akar rambut. Namun jangan terlalu lama membiarkan minyak kelapa berada di kulit kepala karena minyak kelapa juga bisa menutup pori-pori kulit. Segera cuci minyak kelapa di kepala setelah satu jam.

2. Perawatan yogurt
Yogurt tak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh, tetapi juga bagi rambut Anda. Caranya adalah campurkan satu cangkir yogurt, satu sendok teh air lemon, satu sendok teh minyak mustard. Campurkan bahan-bahan tersebut, kemudian oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Kemudian bilas kepala dan rambut sampai bersih.

3. Telur
Telur juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan rambut Anda dengan mengusir ketombe. Caranya, kocok dua butir telur hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan bersihkan setelah satu jam. Telur adalah salah satu bahan penting bagi perawatan rambut sejak zaman dahulu.

Itulah beberapa cara menggunakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir ketombe dari kepala dan rambut Anda. Ingin segera mengakhiri gatal-gatal di kepala akibat ketombe? Coba cara di atas!

Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE:

PENULIS :