May 31, 2013

Sasaran Besar Kota Bitung, Akan Menjadi Pasar Global

Edison Humiang. 
BITUNG - Gaung rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus, Ekspansi Pelabuhan Peti Kemas, Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung serta Pembangunan Jalur Kereta Api Manado Bitung telah sampai ke negara China.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan kedubes China Liu Jian Chao bersama rombongan ke Kota Bitung pada rabu (29/05/2013). Rombongan yang langsung menuju ke Pelabuhan Peti Kemas ini disambut Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si didampingi Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kabag TUP, Kabag Pemerintahan, Kadis Disperindag, jajaran BPPT-PMD Kota Bitung serta pihak Pelindo Kota Bitung.

Tanpa basa-basi Liu Jian Chao bersama rombongan langsung dibawa melihat langsung kegiatan pengangkutan peti kemas serta pembangunan ekspansi pelabuhan yang sedang dikerjakan.

Merasa tertarik Chao pun menghujani Humiang dengan berbagai pertanyaan terkait kapasitas pelabuhan, rencana pembangunan, serta kemudahan-kemudahan yang dapat ditawarkan Pemerintah Kota Bitung kepada investor China nantinya, Humiang pun secara gamblang menjelaskan mengenai sarana dan prasarana yang ada di pelabuhan peti kemas serta rencana ekspansi pelabuhan.

“Rencananya pelabuhan ini akan mencapai panjang 1km dan lebar 200m, serta kemudahan berinvestasi nantinya dijamin oleh pemerintah,” katanya.

Rombongan kemudian menuju ruang rapat Wakil Walikota Bitung dan mendapat pemaparan singkat tentang pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus oleh Humiang serta tanya jawab tentang program perluasan ekonomi Bitung yang masuk sebagai salah satu koridor Ekonomi Indonesia dari 6 koridor yang ada.

“Pemerintah sangat berharap lewat kunjungan ini para investor China dapat mengambil bagian dalam berinvestasi dalam bidang infrastruktur serta bidang kelautan dan perikanan pada saat ditetapkannya KEK di Kota Bitung,” ungkapnya. Tak hanya itu saja, rombongan pun disuguhi pemandangan tepi laut selat lembeh sambil melihat langsung ikon Kota Bitung Tarsius Spectrum serta melihat langsung daerah Tanjung Merah yang nantinya akan dibangun Kawasan Ekonomi Khusus.

Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: