May 03, 2013

Seribu Polisi Dikerahkan, FUI Demo Kedubes Myanmar

Puluhan orang yang tergabung dalam Koalisi Nusantara untuk Rohingya menggelar aksi damai di Kedutaan Besar Myanmar, Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat. Aksi ini dilatarbelakangi tragedi kemanusiaan serta pembantaian kaum muslim Rohingya oleh Pemerintahan Junta Militer Myanmar. 
JAKARTA - Aksi unjuk rasa yang akan dilakukan Forum Umat Islam (FUI) dan Komisi Nasional Advokasi untuk Muslim Rohingnya di Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar, Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, mendapat pengawalan dan pengamanan dari ribuan personel gabungan. Estimasi massa yang hendak melakukan aksi diprediksi juga mencapai ribuan orang.

"Kekuatan pengamanan ada 1.000," kata Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, kepada Kompas.com, saat dihubungi Jumat.

Ia mengatakan, unjuk rasa itu akan dilakukan usai shalat Jumat nanti, sekitar pukul 13.00 WIB. Budiyanto mengatakan, personel yang diterjunkan terdiri dari gabungan berbagai kesatuan.

"Gabungan, ada dari Sabhara, Brimob, Intel, dan Reserse," ujarnya.

Untuk personel polisi lalu lintas, lanjutnya, turut dilibatkan untuk mengatur jalan di depan Kedubes agar tidak menyebabkan kemacetan. Jumlah personelnya akan disesuaikan dengan perkembangan kondisi di lapangan.

"Ada 150 polisi yang akan mengatur lalu lintasnya," ujar Budiyanto.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: