May 19, 2013

Vicky Lumentut Serahkan Dana Bantuan Program Keluarga Harapa

Walikota Manado Vicky Lumentut saat menyerahkan Bantuan. 

MANADO - Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Sabtu (18/5/2013), menyerahkan dana tahap I bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) kota Manado Tahun 2013.

Pelaksanaan PKH di kota Manado dimulai tahun 2007. Sejak tahun 2007 sampai dengan 2012, dana yang terserap untuk bantuan PKH di kota Manado sebesar Rp 23.975.587.000.

Walikota dalam sambutan mengatakan, PKH bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak RTSM.

"Tujuan PKH dari segi kesehatan adalah untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, nifas dan anak balita dari segi pendidikan adalah untuk meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM," kata Walikota.

Terdapat empat jenis bantuan PKH, yaitu bantuan tetap, bantuan anak SD, bantuan anak SMP dan bantuan ibu hamil/balita, dibayarkan 4 kali dalam setahun melalui kantor pos terdekat dengan membawa kartu peserta PKH.
"Gunakanlah dana yang diterima sesuai dengan peruntukannya," pesan Walikota kepada penerima dana PKH.

Sementara itu, Kepala BPM-PK, dalam laporannya mengatakan, PKH tahap I tahun 2013 menyerap dana sebesar RP 721.190.000 untuk 2.915 RTSM. Lebih lanjut disampaikannya bahwa maksud dan tujuan PKH adalah untuk meningkatkan kualitas SDM anak-anak RTSM, khusunya dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
"Tujuan PKH adalah untuk memutus rantai kemiskinan antar generasi RTSM," ujar Kadis Sosial, Frans Mawitjere.

Turut hadir, Kepala kantor Pos Manado, Purgianta, koordinaator wilayah PKH Sulut, Noldy Mangerongkonda; ketua tim koordinasi PKH kota Manado, Peter K. B. Assa.

Reporter: Terwin
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE: