July 17, 2013

Ibu Berteriak Saat Melahirkan, Denda 5 Dolar

Ilustrasi melahirkan. 
FOKUSMANADO.com - Zimbabwe memberlakukan sebuah aturan yang mungkin membuat kita terheran. Sebuah lembaga nirlaba Transparency International (TI) melaporkan, negara di benua Afrika ini mengenakan denda sekitar 5 dollar AS setiap kali seorang ibu hamil berteriak ketika menahan sakit saat melahirkan.

Pihak rumah sakit mengklaim ini sebagai denda karena berteriak berarti membunyikan alarm palsu. Informasi ini ditemukan pada blog urusan luar negeri Washington Post's. Sampai saat ini belum ada laporan independen lainnya terkait hal tersebut.

Berdasarkan laporan PBB, di Zimbabwe sedikitnya 8 ibu meninggal setiap harinya selama melahirkan. Untuk biaya hantar ke rumah sakit, seorang ibu dikenakan biaya 50 dolar AS, atau sepertiga dari rata-rata pendapatan harian warga Zimbabwe sebesar 150 dolar Amerika.

Ketika seorang wanita tidak sanggup membayar biaya denda karena telah berteriak, mereka ditahan di rumah sakit. Mereka tetap dikenakan bunga sampai keluarganya membayar.

Setelah menemukan aturan tersebut, TI kemudian menyampaikan surat pada Kementrian Kesehatan Zimbabwe. Karena tidak menerima respon, pengacara TI kemudian menenanyakannya dan diberitahukan bahwa surat tersebut hilang. TI akhirnya bertemu Wakil Perdana Menteri, Thokozani Khupe, yang kemudian menugaskan menteri kesehatan untuk menyelesaikan isu tersebut.

"Sejak saat itu, TI tidak pernah lagi menerima komplain dari wanita di area tersebut. TI tetap dekat dengan penduduk lokal, untuk meyakinkan kondisi sama tidak terulang," kata TI dalam laporannya yang diberi label 'Captive Mothers.'

Sumber :
Editor :
Ferlyando

BAGIKAN KE:

0 komentar: