December 04, 2013

Pengurusan SIUP dan SIPI 2013 Masih Minim Realisasi

Imran Makadomu. 
Boltim - Pengurusan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) pertahun 2013, sesuai data pengurusan izin yang berada di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) kabuapaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), masih dibilang sangat minim dalam realisasinya. Pasalnya bila disesuaikan dengan jumlah usaha yang berada di tiga kecamatan yakni, kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Nuanagan tidak berbanding seperti kenyataan dilapangan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) KP2T Boltim, Imran Makadomu saat ditemui pada Selasa (03/12), mengatakan, untuk pengurusan izin sampai dengan Desember 2013 hanya berjumlah 18 usaha. Kata dia, 18 usaha tersebut sudah tergabung dalam pengurusan SIUP serta SITU.

“Untuk SIUP berjumlah 14 usaha yang terdiri dari usaha penangkapan ikan dan bagan. Sedangkan untuk SITU, hanya 4, yakni penangkapan ikan dengan alat purse,” ungkap Imran.

Menariknya, dijelaskan Imran, untuk pengurusan SIUP khususnya Rakit  tahun 2013, tidak satupun nelayan Boltim yang mengurus izin tersebut. Padahal kata Imran, bila disesuaikan dengan wilayah penangkapan ikan, banyak rakit yang telah dipasang diperairan Boltim.

“Nantinya data ini akan diberikan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Boltim. Jadi nantinya tim DKP yang akan melakukan inpeksi mendadak (Sidak) melalui patrol Polisi Air (Pol-Air) di perairan tiga kecamatan tersebut (Kotabunan, Tutuyan, Nuangan red),” tandas Imran.(jm)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: