June 22, 2014

The Three Lion Diujung Tanduk



Catatan : Jerry Massie

Tragis! nasib yang dialami Tim Nasional Inggris pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Tim besutan Roy Hogdson ini ditumbangkan Uruguay 2-0 dan Italia 2-1. Mantan juara dunia tahun 1966 yang kala itu diperkuat Boby Robson, harus tersingkir di ajang paling prestius di dunia yakni iven World Cup. Stadion di Brasil tak akan ada lagi suporter “Holligan” yang cukup fantatik dan terkenal ini.

Perjalanan Inggris di piala dunia harus dihentikan oleh yang namanya Luiz Suares. Bomber asal Uruguay yang bermain
di klub “The Reds” Setan Merah ini yang memupuskan impian The Jack Union untuk merebut juara dunia lewat gol indahnya Euforia masyarakat Uruguay saat memastikan kemenangan atas Inggris.
Memang saat Inggris dikalahkan Italia 2-1, penampilan Inggris tidak segarang piala dunia sebelumnya.

Pada piala dunia 1982 saat di helat di Spanyol dan 1986 di Meksiko dan berlanjut pada tahun 1990 timnas Inggris saat itu tak pernah kalah dua kali secara beruntun. Saat itu mereka memiliki pemain bintang seperti; Peter Shilton, Gary Lineker
top skorer tahun 1986, Alan Shearer, Paul Gascoigne, Jhon Barnes, Trevor Steven, Peter Bradley sampai ke eranya David Beckham dan Wayne Rooney.

Perjalanan Inggris tak cukup mulus juga saat kualifikasi piala dunia saat iru berada di grup H bersam Serbia, Polandia, San Marino dan Ukraina. Sempat berapa kali
mereka ditahan imbang. Jika dilihat dari rekor kedua negara tersebut, maka Inggris
memiliki catatan kurang bagus jika bertemu Uruguay di Piala Dunia. Tim asuhan Roy Hodgson tak pernah menang
saat bertemu Uruguay.

Pada babak perempat final Piala Dunia 1954, Uruguay menang 4-2 atas Inggris. Saat itu, Carlos Borges, Obdulio Varela, Juan Schiaffino, dan Javier Ambrois jadi pahlawan La Celeste. Kedua tim kembali bertemu pada babak penyisihan grup
Piala Dunia 1966. Akan tetapi, Inggris sebagai tuan rumah hanya bermain imbang 0-0 dengan Uruguay. Meski begitu,
Inggris untuk pertama kalinya menjuarai Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 melalui babak
tambahan.

Total, kedua tim telah bertemu lima kali. Uruguay tercatat menang dua kali. Sementara Inggris hanya sekali. Hal itu
terjadi pada laga persahabatan yang digelar di Anfield pada 1 Maret 2006. Saat itu, Peter Crouch dan Joe Cole menjadi pahlawan Inggris.

Berikut rekor pertemuan kedua tim:
26/6/1954 – Uruguay 4-2 Inggris (Piala Dunia) 11/7/1966 – Inggris 0-0 Uruguay (Piala Dunia) 22/5/1990 – Inggris 1-2 Uruguay (Persahabatan)
29/3/1995 – Inggris 0-0 Uruguay (Persahabatan)
1/3/2006 – Inggris 2-1 Uruguay (Persahabatan)

Kekalahan 1-2 dari Uruguay pada laga grup C di Arena Corinthians, Jumat (20/6/2014) tidak hanya menipiskan peluang Inggris ke babak 16 besar. Kekalahan ini menghadirkan catatan buruk bagi persepakbolaan Inggris. Akibat kekalahan ini Inggris telah menelan tiga kekalahan
beruntun pada ajang Piala Dunia. Dari tujuh laga terakhir mereka di Piala Dunia, The Three Lions baru sekali meraih
kemenangan. dalam kurun waktu itu Inggris tiga kali imbang dan tiga kalah.

Kekalahan ini juga menghadirkan catatan buruk lain bagi Inggris. Pertama kali dalam sejarah Inggris selalu mengalami kekalahan pada dua laga pertama di Piala Dunia. Di turnamen besar, terakhir kali Inggris mengalami hal yang serupa pada Piala Eropa 1988. Ketika itu mereka tumbang di tangan Irlandia (0-1) dan Belanda (1-3). Pada turnamen itu Inggris bahkan kembali kalah pada laga terakhir fase grup setelah tumbang 1-3 di tangan Uni Soviet.

Bagi pelatih Inggris, Roy Hodgson, kekalahan ini membuat kredibilitasnya layak dipertanyakan. Hodgson selalu menelan kekalahan pada empat laga terakhirnya di Piala Dunia. Dua kali bersama Swiss dan sisanya bersama Inggris Kekalahan dari Uruguay membuat Inggris berada di ujung tanduk. Inggris masih bisa lolos jika Italia mengalahkan Kosta Rika. Memang Inggris masih akan melakoni satu pertandingan lagi dengan Kosta Rika pada laga terakhir.

Selain itu Inggris harus berharap Italia mengalahkan Uruguay pada saat yang bersamaan. Inggris tinggal menunggu keajaiban yang mana Uruguay dikalahkan Italia dan Inggris menang 3-0 atas Kosta Rika.

Berbagai sumber

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: