June 22, 2014

Tim-tim Kuda Hitam Bikin Kejutan di Brasil

  Foto : Sidonews.com

Catatan : Jerry Massie

Brasil– Perhelatan piala dunia 2014
di Brasil diwarnai dengan sejumlah kejutan. Yang mana tim-tim yang tak diunggulkan ternyata mampu menyulitkan
tim unggulan sebut saja; Italia, Spanyol dan tim kuat lainnya. Hasil yang diraih peserta dari Benua Amerika cukup spekrakuler.

Yang mana Brasil, Mexico, Amerika Serikat
(USA) , Argentina, Uruguay, Kosta Rika, Cile, Kolumbia dan Equador. Tim-tim ini mampu menyingkirkan jagoan dari Benua Eropah. Sebut saja Kosta Rika yang mampu menggebuk juara 4 kali piala dunia Italia yang bertabur dengan sejumlah bintang seperti Carlo Pirlo, Agustino de Rossi Antonio Cassano dan Gianlugi Buffon dan Mario Balotelli.

Seakan Italia tak berdaya menghadapi gempuran-gempuran Kosta Rika yang dikomandoi kapten Bryan Ruiz. Gol tunggal
Ruiz lewat sundulannya yang tak dapat dibendung penjaga gawang Buffon membuyarkan impian Italia. Determinasi
yang tinggi serta tampil all out yang menghentarakan tim yang dilatih Jorge Luis Pinto menjegal tim Azzuri, Italia di
grup D.

Begitu juga Uruguay dibawah asuhan Oscar Tabarez ini menghajar Inggris 2-0. Kedua gol ini dilesakan Luiz Suarez yang kini merumput di Liverpool. Suarez pun dikritik, dihujat suporter “The Three Lions” dan dipuja fans mereka di Uruguay.

Hal serupa terjadi di grup B yang mana Cile negara yang disegani di era 80-an ini mampu meredam juara dunia 2010
Spanyol. Sejak Kick off babak pertama Cile langsung menggempur pertahanan Spanyol yang di kawal Sergio Ramos, Gerald Pique dan penjaga gawang terbaik dunia
Ikker Casillas. Pertarungan keduanya bak duel Goliath dan Daud yang dimenangkan Daud. Begitu pun Spanyol harus menelan pil pahit usai ditaklukan Runner Up piala dunia 2010 Belanda 5-1. Peetandingan dengan Australia sudah tak berpeluang lagi.

Selain itu tim Kolumbia yang diperkuat pemain anyar mereka Radamel Falcao yang merumput di Klub Monaco Prancis, Pablo Armero, dan rising star James Rodriguez dan pemain Inter Milan Fredy Guarin yang mampu menghantam Yunani 3-0 tanpa balsa serta menyingkirkan wakil benua
Hitam Afrika, Pantai Gading 2-1 lewat gol James Rodrigues dan Juan Quintero.

Begitu pula Amerika Serikat yang berhasil menang di laga perdana melawan Ghana 2-1. Ini merupakan kesempatan emas Amerika untuk meraih hasil maksimal. Pasalnya mereka belum sekali pun lolos ke babak 16 besar maupun 8 besar.

Mampukah tim-tim yang tak di unggulkan dari Amerika membuat kejutan di piala dunia 2014 ini? (Jer)


BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: