August 04, 2014

Head to Head, Runtu Masih Unggul atas Sajow

    Dr Jerry Massie

Manado - Usai Pileg dan Pilpres 2014, suhu politik tak benar-benar redah untuk Sulawesi Utara. Pasalnya, tak sampai setahun lagi, daerah Nyiur Melambai ini akan menghadapi pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur.

Aroma persaingan pun mulai muncul. Stefanus Vreeke Runtu (SVR) dan Jantje Wowiling Sajow (JWS) disebut-sebut bakal maju dalam suksesi Pilgub 2015. Namun sejumlah pengamat beranggapan Vreeke Runtu masih unggul head to head daripada Jantje Sajow.

Salah satunya diungkapkan pengamat politik Sulut Dr Jerry Massie, Sabtu (2/8/2014). Massie mengatakan bahwa keunggulan mantan Bupati Minahasa itu ada pada posisinya sebagai Ketua
DPD Partai Golkar Sulut, sedangkan Sajow yang saat ini menjabat Bupati Minahasa dalam struktur partai PDI Perjuangan Sulut memegang jabatan sebagai wakil ketua.
Dari sudut pandang struktur partai, Runtu bagaikan seorang gubernur karena memegang kendali seluruh kabupaten/kota di Sulut, meski tak semua kepala daerahnya berasal dari Partai Golkar.

Sementara Sajow untuk saat ini hanya memegang kendali di Kabupaten
Minahasa saja. Akan tetapi, dukungan partai se-Sulut bisa saja mengalir
drastis jika mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Minahasa ini legowo sebagai calon papan dua berpasangan dengan calon yang diunggulkan partai sebagai papan satu.

“Ini baru hitung-hitungan secara kasar saja. Namun jika dicermati, dua figur tersebut sama-sama punya peluang meski tidak seimbang. Yang jelas keduanya harus kerja
keras membangu jaringan. Khusus untuk Runtu yang akan melanjutkan karirnya sebagai Anggota DPRD Sulut terlebih
dahulu harus mengamankan kursinya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sulut.

Sedangkan Sajow perlu membangun
pencitraan yang lebih luas lagi, namun tentu saja harus ditopang dengan capaian-capaian yang nyata,” ungkap Massie.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: