August 16, 2015

Frans Mendur Fotografer Pertama yang Mendokumentasikan Foto Presiden Soekarno

 Foto : IPPHOS

KAWANGKOAN – Dalam catatan sejarah peristiwa kemerdekaan RI ada nama Frans Mendur. Beliau adalah putera asli Kawangkoan yang menorehkan tinta emas sejarah yakni dokumentasi Presiden Soekarno yang sedang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI. Foto Mendur ini kerap dilihat ada di buku-buku pelajaran sejarah bangsa.

Salah satu cucu mendiang almarhum Frans Mendur yaitu Berty Mendur menceritakan secara singkat  tentang kiprah wartawan foto yang saat itu bekerja di Indonesian Press Photo Service (IPPHOS). Frans bersama dengan saudaranya Alex Mendur adalah dua fotografer yang selalu mengikuti kemana sang Presiden berada. Keduanya juga sudah merupakan bagian dari kehidupan di Istana Kepresidenan.

“Tanpa mengungkit cerita panjang lebar tentang Frans dan Alex, saya sebagai cucu dari kedua pahlawan di bidang jurnalistik itu tentu merasa sangat bangga, bukan karena mereka berdua adalah keluarga, namun juga adalah orang Minahasa. Bisa saja jika keduanya tidak ada, maka tidak akan ada yang melihat bagaimana proses deklarasi kemerdekaan Indonesia,” kata Mendur Minggu (16/8/2015).



BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: