August 23, 2015

Grace Punuh : Penyebab ISPA dan Diare karena Kekurangan Air Bersih


MANADO - Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Grace Punuh mengatakan penyakit yang biasanya diderita warga di musim kemarau berkepanjangan termauk musim hujan dan pancarobah adalah infeksi saluran pernapasan akut (Ispa).

"Torang juga musti waspada jangan sampai diare. Karena biasa itu musim panas dan musim buah banyak diare," kata dr Grace Punuh, Kamis (20/8/2015) di Kantor Dinkes Sulut.

Penyebab Ispa dan Diare, menurutnya karena kekurangan air bersih, pola makan yang tidak sehat atau kotor, diingatkannya agar waspada dengan kuman-kuman di musim panas dimana bisa terbawa dari debu, dihirup dan drop.

"Gampang kann itu kuman-kuman beterbangan. Nomor satu pakai masker," imbaunya.

Ditambahkannya, agar minum cukup, bukan hanya karena musim panas, tapi kebutuhan manusia akan air harus dipenuhi 1,5 liter per harinya, di pagi siang malam harus jaga gaya hidup pola makan sehat maka tidak akan terjadi apa yang tidak diharapkan.

"Perilaku hidup sehat, cuci tangan sebelum makan ini cegah penyakit dari kuman, hal-hal kecil yang sebenarnua 90 persen penyakit diare bisa dicegah dengan cuci tangan, itu yang paling praktis," jelasnya.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: