August 31, 2015

Raih Emas, Tim Estafet 4X400 Meter Putra AS Cetak Rekor Dunia Baru


BEIJING - Tim estafet Amerika memenangi nomor estafet 4x400 meter di kejuaraan dunia atletik di Beijing, Minggu (30/08/2015). Kendati kalah di nomor 4x100 meter akibat diskualifikasi namun tim AS tak patah arang.

Salah satu bintang lari LaShawn Merritt dan juga peraih emas olimpiade untuk nomor 400 meter ini tampil luar biasa untuk membawa Paman Sam meraih medali emas.

Tim estafet AS sendiri meraih catatan waktu 2 menit 57.82 detik yang merupakan catatan waktu dunia terbaik tahun ini.

Difinal mereka menggagalkan asa Trinidad dan Tobago yang hanya meraih perak dengan catatan waktu 2 menit 58.20 detik dan Inggris yang mendapat perunggu dengan 2.58.51.

Merritt yang meraih medali perak di nomor 400 meter memang berniat menebus kegagalan tim estafet 4x100 meter putera yang terkena diskualifikasi. Sementara di nomor 4x400 meter puteri, AS juga dikalahkan Jamaika.

Jamaika sempat membuat ancaman saat pelari terakhir mereka, Javon Francis mampu mengejar ketertinggalan rekan-rekannya dan menyentuh garis finish hampir bersamaan dengan tim lainnya.  Namun foto finish menunjukkan Francis masih kalah dengan pelari terakhir Inggris, Martyn Rooney.

Baginya, ajang Kejuaraan Dunia merupakan batu loncatan untuk kembali tampil di Olimpiade pada 2016 mendatang. Atlet berusia 29 tahun ini absen di Olimpiade London 2012 karena terbentur pada satu masalah yang disebutnya sebagai masa paling memalukan dalam hidupnya.

Sementara itu Merrit sendiri pada 22 April 2010, dinyatakan positif mengonsumsi obat terlarang. Merritt menyebut asupan terlarang tersebut masuk setelah ia mengonsumsi obat yang disebutnya sebagai produk pembesar penis yang disebut ExtenZe. Ia mengaku tidak memperhatilan bahwa dalam brosur obat tersebut tertulis kandungan steroid Dehydroepiandrosterone yang terlarang.

Akibat perbuatannya, ia terkana larang bertanding selama dua tahun yang kemudian dipotong menjadi 21 bulan.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: