August 07, 2015

Robby Longkutoy Putra Langowan Sukses Meniti Karir di Tanah Papua

LANGOWAN – Putra terbaik Langowan Drs Robby Longkutoy sukses meniti karir di Bumi Cenderawasih, Papua. Berkat pergaulannya yang ramah dan bersahaja dengan lingkungan setempat, dia pun mendapat simpati dari masyarakat dan tokoh adat di sana. Semua yang direngkuhnya tak lepas dari kedekatan emosional yang sudah dibangun selama bertahun-tahun.

Dengan modal itulah, dirinya dilirik menjadi calon Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo, Papua tahun 2011 silam mendampingi Ones Pahabol SE MM sebagai calon Bupati.

Awalnya tak memasang target, akhirnya Robby dan pasangan bupatinya berhasil memenangkan pertarungan politik dan menjadi pemimpin di daerah yang masyarakatnya terkenal dengan tempramen cukup keras. Kini, jelang akhir masa jabatan berakhir, Longkutoy bersama isteri tercinta Debby Mamesah dan salah seorang anaknya meluangkan waktu untuk pulang kampung.

Untuk melepaskan rasa rindunya akan kampung halaman Robby pun bersua dan temu kangen dengan keluarga, Alumni SMA Langowan angkatan 1971, saudara, kerabat, serta awak media yang digelar di Cafe Kelelondey, Desa Waleure Kecamatan Langowan Timur, Kamis (6/8/2015) siang.

Pertemuan berlangsung penuh keakraban, terlebih saat Longkotoy didaulat untuk memberikan sambutan dan beberapa kali menjawab pertanyaan dari warga Langowan yang turut bersama-sama dalam acara tatap muka tersebut.

“Tahun 1972 saya hijrah ke Papua. Beberapa tahun kemudian mencoba meirntis karir di sana dan akhirnya diterima sebagai PNS. Karir pun terus berlanjut, sampai pada akhirnya dipercayakan pemerintah pada saat itu untuk memegang beberapa jabatan struktural. Saya diterima dengan begitu baik disana oleh masyarakat, meski tidak dipungkiri pernah diperhadapkan dengan kondisi sosial yang jauh berbeda dengan Minahasa atau Langowan,” kenangnya.

Dijelaskan pula, bahwa jabatan Wakil Bupati Yahukimo yang sedang dijalani saat ini juga tak lepas dari anugerah Tuhan. "Hal itu juga menjadi bukti bahwa antara orang Papua dan Sulawesi Utara sebenarnya pada dasarnya sudah punya hubungan emosional yang sangat baik," tandasnya.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: