August 30, 2015

Tak Jera, Kapal Asing Terus Lakukan Praktek Ileggal Fishing di Bitung


BITUNG – Kendati, sudah ratusan kapal ditenggelamkan atas kebijakan Menteri Kaluatan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti akan tetapi tak membuat kapal-kapal pelaku illegal fishing jera.

Lantaran sampai kini para pelaku pencuri hasil laut Indonesia yang hingga saat ini masih terus melakukan aksinya.

Seperti empat unit kapal nelayan Filipina Jumat (28/8/2015), berhasil diamankan kapal-kapal patroli Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kota Bitung disinyalir melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia.

Kepala PSDKP Bitung Pung Nugroho Saksono, Jumat (28/8/2015), mengatakan keempat kapal itu diamankan di dua tempat berbeda yakni di Laut Maluku dan Laut Sulawesi oleh KP Hiu Macan 001, KP Hiu Macan 004 dan KP Hiu Macan 303.

“Praktek illegal fishing masih terus terjadi. Dan itu dibuktikan dengan penangkapan empat unit kapal nelayan Filipina bersama 35 orang ABK, dan hari ini baru tiba di dermaga PSDKP,” ucap dia.

Sepanjutnya tuturnya, ada enam kapal nelayan asing yang ditangkap, namun dua kapal lainnya diserahkan ke Direktorat Pol Air Polda Sulut karena melakukan pelanggaran pemalsuan dokumen.

"Para nelayan asing tak gentar untuk masuk mencuri di wilayah Indonesia dan pihaknya akan terus melakukan penindakan. Mengingat sifat mencuri itu memang sudah menjadi tabiat dari manusia sejak dulu kala," kata Nugroho.

“Biar diberi hukuman apapun, profesi pencuri inikan memang sudah ada sejak zaman para nabi-nabi. Namun kita tetap berkomitmen. Jika kedapatan mencuri di wilayah kita, maka akan kita proses dan kapalnya disita untuk dibakar,” ujarnya.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: