September 22, 2015

Berikut Penemuan Terkuat di Dunia


FOKUSMANADO.com — Setujukah Anda jika Superman dinobatkan sebagai superhero terkuat di bumi? Dalam cerita komik DC, selain bisa terbang, Superman digambarkan begitu mudah mengangkat kapal laut atau menggendong pesawat Boeing 777. Bahkan, seperti pernah difilmkan, ia mampu memutar balik waktu.

Sayangnya, Superman hanya tokoh fiktif buatan manusia. Namun, bagaimana jika manusia ternyata mampu menciptakan atau menemukan teknologi dan benda-benda paling tangguh sedunia? Bukan sulap atau mitos, berikut berbagai penemuan manusia yang diklaim paling tangguh abad ini:

M1 Abrams, tank perang terkuat

Penggemar film perang pasti tidak asing dengan adegan-adegan yang mempertontonkan kehebatan tank-tank baja saat pertempuran berlangsung. Di antara tank ini, mana yang paling canggih dan kuat?

Tank generasi ketiga produksi AS, M1 Abrams, diyakini sebagai tank paling tangguh di dunia. Namanya diambil dari mantan Kepala Staf dan Komandan Angkatan Perang AS di Vietnam, Jenderal Creighton Abrams.

Selain berlapis baja komposit canggih, keistimewaan lain M1 Abrams adalah penggunaan mesin turbin gas dan penyimpanan amunisi yang terpisah. Jadi, keselamatan kru dalam tank pun lebih terjamin.

Berat tank mencapai 62 ton dan tergolong terberat di kelasnya. Walau mulai mengabdi sejak 1980, tank ini masih selalu dipercayakan berada di garda depan medan peperangan. Dengan berbagai peningkatan teknologinya, hingga kini telah ada tiga versi yang diproduksi, yaitu M1, M1A1, dan M1A2.

Audi A8 L, mobil keren antipeluru

James Bond pasti akan merasa aman berkendara dalam Audi A8 L Security ketika menjalankan misinya. Ia mampu gesit kabur saat situasi mulai genting dan berbahaya. Pasalnya, mobil asal Jerman itu dapat berlari dengan kecepatan 100 km per jam dalam waktu hanya 7 detik.

Tak hanya itu. Audi A8 L ini juga tahan peluru. Bahkan, penumpang di dalamnya tetap tak perlu khawatir dari serangan granat mendadak.

Memang, kabin mobil ini juga dirancang bisa memberikan udara segar secara otomatis. Jadi, saat musuh menembakkan gas beracun, penumpang tak akan terpengaruh udara luar.

Millau Bridge, jembatan paling tinggi

Jembatan ini menjulang setinggi 1.125 kaki atau setara 342,9 meter menyeberangi lembah Sungai Tarn di dekat Millau, Perancis bagian selatan. Angka ini hampir tiga kali lipat dari tinggi Monas (Monumen Nasional). Bahkan, 19 meter lebih tinggi dari Menara Eiffel.

Bayangkan, betapa ngerinya menyetir di atas ketinggian itu. Tetapi, jangan khawatir. Tujuh tiang berbobot 36.000 ton dirancang mampu menyangga badan jembatan ini.

Tak hanya itu yang membuat kokoh. Ada kabel-kabel kuat melekat di setiap tiang penyangganya. Pengemudi pun dapat melintasinya dengan aman.
Shutterstock Kaca metalik mempunyai struktur kimia penetral kerapuhan kaca namun mampu mempertahankan kekuatannya. Berbahan dasar paladium, silikon, germanium, dan perak menjadikan kaca tidak terlalu padat dan lebih ringan dari baja.

Kaca metalik antiretak

Sebentar lagi, dunia akan dihebohkan dengan produk dan bangunan berkaca nan kokoh. Dipimpin oleh Marios D Demetriou, para peneliti dari California Institute of Technology (Caltech) mengembangkan kaca metalik.

Kaca ini mempunyai struktur kimia penetral kerapuhan kaca, tetapi mampu mempertahankan kekuatannya. Berbahan dasar paladium, silikon, germanium, dan perak menjadikan kaca tidak terlalu padat dan lebih ringan dari baja.

Namun, gelas metalik masih mahal dan sulit diracik. Jadi, penggunaan untuk keperluan produksi masih harus menunggu.

"Gorilla glass", bikin ponsel tahan banting

Kaca Gorilla Glass 4 yang kini banyak digunakan sebagai pelindung layar ponsel pintar dinyatakan memiliki kekuatan menahan benturan keras sekaligus goresan kasar. Edisi keempat kaca ini juga berhasil melewati pengujian drop test dengan imbas kejatuhan 80 persen lebih keras dari versi sebelumnya.

Lebih dari itu, kaca ini mampu mengurangi jumlah bakteri sampai 1 juta kali hanya dalam waktu 2 jam. Seperti diketahui, bakteri pada perangkat ponsel 10 kali lebih banyak ketimbang bakteri dalam toilet. Teknologi kuat dan higienis ini juga telah ditempelkan pada ponsel pintar sekelas Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge terbaru keluaran Samsung.

Gigi siput laut, material terkuat ciptaan alam

Seorang profesor dari Fakultas Teknik Universitas Portsmouth Inggris, Asa Barber, membuktikan bahwa siput laut memiliki gigi berbahan paling kuat di bumi. Siput vegetarian berbadan rata-rata lima sentimeter ini ternyata lebih kuat dari jaring laba-laba, titanium, atau kevlar.

Gigi-gigi itu memiliki komposisi frame protein dan kandungan serat goethite rapat. Goethite adalah sejenis mineral oksida yang biasa ditemukan dalam tanah dan lingkungan bersuhu rendah. Mineral ini merupakan materi penyusun bijih besi.

Untuk memisahkan gigi-gigi itu di laboratorium, Barber membutuhkan tekanan sebesar 6,5 gigapascal (Gpa). Sedangkan jaring laba-laba membutuhkan 4,5 Gpa dan kevlar hanya 3-3,5 Gpa.

Diharapkan, penemuan material pada gigi siput laut ini mampu melahirkan material kuat, tetapi ringan. Teknologi semacam ini dapat bermanfaat terutama di bidang otomotif.

Sumber : Kompas.com


BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: