September 08, 2015

Sinode GMIM Tegaskan Netral dalam Pilkada


TOMOHON – Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Seminar dan Pengutusan terhadap para Calon Kepala Daerah dari GMIM.

Kegiatan yang bertajuk Seminar Panggilan Gereja Dalam Pilkada 2015 dan Pengutusan Para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti pilkada 9 Desember 2015 ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulut ini dilaksanakan di Aula kantor sinode GMIM, Senin (7/9/2015).

Didahului dengan seminar, berbagi pertanyaan, masukan serta saran di berikan warga GMIM dalam menyambut Pilkada 2015.

Ketua Sinode GMIM Pdt DR Henny WB Sumakul, dalam penyampaiannya, mengajak kepada warga Sulut terlebih warga GMIM dalam proses pilkada ini kiranya dapat mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia serta kiranya mengacu pada Alkitab.

“Mari kita berproses sesuai dengan hukum yg berlaku di Indonesia dan kiranya semua baik pendukung terlebih calon-calon warga GMIM dalam menjalankan Pilkada mengacu pada kitab suci kita Alkitab,” pinta Ketua Sinode.

Sumakul mengatakan sikap GMIM dalam pilkada tidak akan memprioritaskan siapa kader GMIM tertentu, biarlah semua berproses secara alamiah.

“Sikap GMIM dalam menentukan calon dalam pilkada tahu 2015 ini tidak akan mendukung siapapun, yang artinya, Gereja tidak mendukung siapa pun calon dari warga GMIM, kami memberikan kesempatan pada setiap calon berlomba-lombalah melakukan yang terbaik. Sebagai ketua Sinode GMIM saya sangat terharu dengan antusias warga GMIM dalam mengikuti proses Pilkada ini,” ujarnya.

“Jadikanlah Pilkada ini penuh damai. Saudara-saudara adalah bagian dari tubuh Kristus. Selamat berjuang pasti Tuhan selalu setia memenuhi janji-NYA,” tutupnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pengutusan yang dilakukan oleh Ketua Sinode bersama para pendeta Sinode GMIM dan Ketua-Ketua Komisi BIPRA Sinode GMIM terhadap ke 18 Calon Walikota-Wakil Walikota dan Bupati-Wakil Bupati.

Adapun calon yang hadir peserta Pilkada Manado Calon Wali Kota, Harley Mangindaan, Jimmy Rogi, Vicky Lumentut, Hanny Joost Pajow.

Sedangkan calon dari Minahasa Utara, Patris Tamengkel, Joppy Lengkong dan Peggy Mekel.

Untuk calon dari Bitung, Max Lomban, Maurits Mantiri, Maikel Jacobus, Santi Gerald Luntungan, Petrus Singale, Mario Karundeng.

Calon dari Tomohon yakni Johny Runtuwene, Jimmy Feidie Eman, Linneke Syennie Watoelangkow, Vonny Paat, Syerly Adely Sompotan.

Sedangkan Calon Gubernur Olly Dondokambey dan calon Wakil Gubernur Steven Kandouw terundang tidak hadir.

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: