January 16, 2018

Kotabunan Barat Prioritaskan Pembangunan Jalan Pertanian


Jalan transportasi perkebunan

Kotabunan - Untuk meningkatkan kesejateraan rakyat Desa Kotabunan Barat (Kobar), Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pemerintah setempat bakal bangun jalan pertanian dengan anggaran bersumber dari Dandes (Dana Desa).

Sangadi (Kades) Kotabunan Barat, Amina Paputungan melalui Sekretaris Desa (Sekdes), Wahyudin Damopolii mengatakan, pembagunan jalan tersebut untuk membuka akses lalulintas hasil pertanian sesuai permintaan masyarakat. Selain itu jalan tersebut sangat penting untuk meningkatkan produksi industri pertanian.

Wahyudin menguraikan, dana proyek jalan tani berasal dari anggaran Dandes  Jumlahnya, Rp136.000.000.

"Di awal kegiatan, kami telah membuat jalan setapak 50 meter dan talut dengan panjang 15 meter yang menelan anggaran sebesar Rp.45.000.000," terang Wayudin Senin (15/1).

"Target kedepan kami juga akan membangun jalan 1200 Meter," sambungnya.

Kata dia, sarana transportasi perkebunan itu bisa meningkatkan produksi pertanian dan perekonomian warga Kotabunan Barat. Ia berharap kedepan agar ada penambahan anggaran untuk pembangunan di Kotabunan Barat.

Diketahui, panjang jalan tani yang dibangun  yakni 1200 Meter.

Terkait pembangunan yang dilakukan Pemdes Kobar, Camat Kotabunan Rahman Hulalata, sangat mengapresiasi.

Kata Camat, Dari segi pengembangan kampung itu adalah salah satu bagian dari perencanaan Kecamatan.

"Saya sangat mengapresiasi terkait gebrakan Pemdes Kotabunan Barat yang membuka akses jalan pertanian. Meski bangunannya di Kobar,  tapi secara keseluruhan untuk Kotabunan Bersatu. apalagi dilakukan dengan sistem padat karya suakelola dimana lebih mengutamakan tenaga masyarakat," ucap Hulalata. (Ayax Vay)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: