BAGUNA Sulut Canangkan Penghijauan dan Pemasangan Papan Peringatan Bahaya Tanah Longsor Se-Sulut

SULUT, FokusManado.com - Gerak serius Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sulawesi Utara (Sulut) terhadap persoalan bencana terus ditunjukkan. Ragam program positif dilakukan sebagai upaya mitigasi.

Dalam komitmen tersebut, Baguna PDIP Sulut menggelar Pencanangan Program Penghijauan dan Pemasangan Papan Peringatan Bahaya Tanah Longsor Se-Sulut, Jumat (28/10), di Kelurahan Kombos Barat, Kecamatan Singkil, Kota Manado. Pencanangan itu dipimpin Ketua Baguna PDIP Sulut, Adriana Dondokambey yang saat itu melakukan penyerahan bibit pohon dan papan nama peringatan bahaya longsor kepada masyarakat yang ada di kelurahan tersebut.

Dalam sambutannya, Adriana mengajak untuk masyarakat bersama-sama menggiatkan menanam pohon. Dampaknya dinilai akan sampai kepada generasi selanjutnya. "Satu pohon akan menghidupkan dua generasi. Karena pohon ini mengeluarkan oksigen. Dan menghisap C02," ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ini.

Maksud dari menanam pohon ini menurutnya, supaya bisa diwariskan kepada anak cucu. Selain itu, bagi yang tinggal di daerah rawan longsor, akar pohon bisa menahan tanah sehingga mencegah terjadinya longsor. "Salah satu masalah dunia ialah perubahan iklim. Itu terjadi di seluruh dunia karena adanya perusakan hutan. Sehingga dengan adanya perubahan iklim, sering kita melihat hujan deras dimana-mana padahal sudah musim panas. Iklim tak menentu," ungkap Adriana.

Dirinya mengingatkan, agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana berhati-hati. Apalagi sekarang sedang dalam cuaca ekstrem. "Kalau bisa mereka yang tinggal di daerah rawan bencana direlokasi," ujarnya.

Selain itu di tahun depan 2023 menurutnya, sudah ada peringatan dari pemerintah bahwa akan menghadapi krisis pangan. Maka dari itu perlu masyarakat waspada. Ia menyarankan, agar warga lebih banyak menanam. "Silahkan menanam rica dan lain-lain untuk menghadapi krisis pangan," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, Jimmy Ringkuangan dalam sambutan juga mengajak, agar masyarakat menanam pohon sehingga bisa diwariskan ke anak cucu. Dia mengajak agar masyarakat mendidik anak-anak untuk mau menanam pohon. "Kita berusaha memfasilitasi untuk bibit pohon. Didik anak dan cucu kita untuk gemar menanam pohon ini penting dan strategis," ucapnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, dirinya sangat mendukung dan apresiasi kegiatan tersebut yang diselenggarakan Baguna Sulut. Semakin banyak organisasi yang terlibat menanam maka akan sangat membantu pemerintah. "Semakin banyak organisasi yang terlibat, ini akan menjadi sukses bersama, nikmatnya kita akan rasa bersama," tuturnya. 

Sekretaris Baguna PDIP Sulut, Donny Poluakan mengungkapkan, kegiatan pencanangan penghijauan dan pemasangan papan nama peringatan rawan longsor tersebut akan diteruskan dan dipasang di 15 kabupaten kota oleh tiap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Baguna se-Sulut. "Untuk masyarakat menyikapi cuaca ekstrem agar berhati-hati dan masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor lebih waspada dan kalau boleh kami mendesak ke pemerintah agar mereka yang tinggal di wilayah rawan longsor supaya direlokasi," ujarnya.

"Dan baguna yang ada di 15 kabupaten kota kita menginstruksikan agar di kondisi cuaca ekstrem ini, agar tetap standby, siap sedia untuk membantu warga, baik bencana alam atau bencana sosial," kuncinya.

Ketua DPC Baguna Manado, Jeane Laluyan menjelaskan, di tengah situasi cuaca ekstrem saat ini yang merasakan bukan hanya Kota Manado atau Indonesia bahkan seluruh dunia. Maka dari itu perlu untuk masyarakat bersatu padu dan saling mengingatkan. "Hal-hal kecil seperti jangan buang sampah sembarangan, menanam pohon, hati-hati tanah longsor dan saling mengingatkan terus untuk tetap berhati-hari. Kami Baguna Manado, memang masih dihubungi. Semampu kami bisa bantu, kami turun lapangan," ujar Anggota DPRD Manado ini.

Turut hadir Camat Singkil, Lurah Kombos Barat dan Lurah Ternate Tanjung, Sekretaris BPBD Kota Manado serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar di salah satu titik Kelurahan Kombos Barat yang rawan longsor.

WIRABUANA

COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,17,basket,4,berita utama,128,berita-utama,1226,beritautama,73,bitung,317,bolaang-mongondow,86,bolaang-mongondow-selatan,17,bolaang-mongondow-timur,50,bolaang-mongondow-utara,30,budaya,7,bulutangkis,35,Dunia Militer,4,ekonomi-bisnis,308,entertainment,202,gallery,47,gaya-hidup,45,Headline,20,hukum-kriminal,417,internasional,152,kesehatan,45,kotamobagu,60,manado,928,merciful-bisnis,4,minahasa,120,Minahasa selatan,22,minahasa-selatan,189,minahasa-tenggara,32,minahasa-utara,63,Minsel,40,nasional,634,Nusa Utara,5,olahraga,347,Opini,1,pariwisata,72,pemerintahan-politik,1371,pendidikan,95,religius,119,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,125,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,22,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: BAGUNA Sulut Canangkan Penghijauan dan Pemasangan Papan Peringatan Bahaya Tanah Longsor Se-Sulut
BAGUNA Sulut Canangkan Penghijauan dan Pemasangan Papan Peringatan Bahaya Tanah Longsor Se-Sulut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf3XCv4Mg-ktmZX_uGws6Rs2673lTCGbZhkXh7GpoprA86xYlcWjvEk6x26A9zI51csEh1xE3_pnNOUpYJay3DdYJlgPMN3u4Nn6LyVdgDopSebIyjXsXTXY26-IS43yYooag5D_-9qphtoDLGo_nGCNj_0YctHiDwyx18ThrA03NuY_K1ALBbAU8/s320/IMG_20221029_082357.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf3XCv4Mg-ktmZX_uGws6Rs2673lTCGbZhkXh7GpoprA86xYlcWjvEk6x26A9zI51csEh1xE3_pnNOUpYJay3DdYJlgPMN3u4Nn6LyVdgDopSebIyjXsXTXY26-IS43yYooag5D_-9qphtoDLGo_nGCNj_0YctHiDwyx18ThrA03NuY_K1ALBbAU8/s72-c/IMG_20221029_082357.jpg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2022/10/baguna-sulut-canangkan-penghijauan-dan.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2022/10/baguna-sulut-canangkan-penghijauan-dan.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy