KPK Turun ke Manado


Ist/ilustrasi  
FOKUSMANADO.COM, MANADO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan seminar Pencegahan Korupsi melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan APBD.
Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Manado, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M. Si, DEA salah satu pembawa materi. Materi lainnya dibawakan oleh Pimpinan KPK Pusat, Adnan Pandu Praja.
Lumentut menyampaikan, pencegahan tindak pidana korupsi di kota Manado dilakukan dengan memperbaiki sistem yang tidak pro korupsi, yaitu sistem yang akuntabel, transparan, dan partisipatif.

“Upaya dan pemberantasan korupsi di kota Manado dilakukan dengan beberapa strategi, antara lain, strategi perubahan paradigma sejak dini yang dilakukan melalui pendidikan karakter/budi pekerti, pendidikan anti KKN, dan Kantin kejujuran, juga Strategi peningkatan kapasitas penyelenggaraan pelayanan publik melalui: a. membangun kesadaran melayani bagi aparatur, b. membangun kesadaran masyarakat untuk menyampaikan saran, baik secara langsung maupun melalui media, c. memberikan "reward and punishment" yang seimbang, dan d. melaksanakan perbaikan mutu pelayanan publik,”jelas Lumentut, Rabu (14/11/12) saat seminar itu berlangsung, di Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Manado.

Materi  kedua disampaikan oleh komisioner KPK, Adnan Pandu Praja. Menurutnya,  ada 6 penyebab korupsi, yaitu, 1. faktor struktural, 2. faktor sejarah, 3. desentralisasi. Desentralisasi telah menciptakan aktor dan modus baru korupsi, 4. kualitas regulasi untuk usaha; untuk memperoleh ijin pendirian usaha baru masih membutuhkan waktu lebih dari 7 hari dan melewati 30 prosedur,  5. Peradilan, berdasarkan SI KPK (2008), Mahkamah Agung memiliki integritas yang rendah dan 6. sumber daya alam.

Lanjutnya, pemberantasan tindak pidana korupsi (TPK) adalah serangkaian tindakan untuk mencegah dan memberantas TPK melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan-penyidikan-penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan dengan peranserta masyarakat.

Disampaikan juga oleh Suwartomo, sekretaris utama BPKP Pusat, faktor penyebab belum diperolehnya opini WTP dari BPK karena, 1. pengelolaan APBD tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, 2. lemahnya sistem pengendalian intern, 3. ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan 4) pengelolaan BMD yang belum tertib.

Diikuti dengan pembawa materi lainnya, Fitra, Ismail Amir dari KPK, anggaran merupakan instrumen yang memiliki peran utama untuk menyejahterakan rakyat.

"Orang melakukan korupsi bukan akibat regulasi atau peraturan yang  tidak baik, tetapi karena moral. Orang yang moralnya baik tidak takut pada KPK, tapi takut pada Tuhan,"tandas Ismail.(nikson)

COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,18,basket,4,berita utama,141,berita-utama,1239,beritautama,77,bitung,318,bolaang-mongondow,86,bolaang-mongondow-selatan,17,bolaang-mongondow-timur,50,bolaang-mongondow-utara,30,budaya,7,bulutangkis,35,Dunia Militer,4,ekonomi-bisnis,309,entertainment,203,gallery,47,gaya-hidup,45,Headline,23,hukum-kriminal,420,internasional,152,kesehatan,45,kotamobagu,60,manado,931,merciful-bisnis,4,minahasa,120,Minahasa selatan,22,minahasa-selatan,189,minahasa-tenggara,32,minahasa-utara,63,Minsel,40,nasional,633,Nusa Utara,5,olahraga,347,Opini,1,pariwisata,72,pemerintahan-politik,1381,pendidikan,97,religius,120,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,125,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,22,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: KPK Turun ke Manado
KPK Turun ke Manado
http://2.bp.blogspot.com/-rv_PuYD9VPk/UKUKIGKv36I/AAAAAAAACso/WTuQFpuhsXQ/s1600/FOKUSMANADO.COM+-+KPK.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-rv_PuYD9VPk/UKUKIGKv36I/AAAAAAAACso/WTuQFpuhsXQ/s72-c/FOKUSMANADO.COM+-+KPK.jpg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2012/11/kpk-turun-ke-manado.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2012/11/kpk-turun-ke-manado.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy