Sarundajang: Bedah Dinamika Demokrasi dan Politik

FOKUSMANADO.COM / Gubernur Sulut saat memberikan bantuan  dalam kegiatan akademik dan admistrasi di FISIP Unsrat Manado  

FOKUSMANADO.COM, MANADO - Dinamika Demokrasi dan Politik Kebangsaan Indonesia, Meretas Jalan Menuju Kebangkitan Nasional Indonesia Kedua menjadi topik Orasi Ilmiah Dr. Sinyo Harry Sarundajang pada acara Dies Natalis ke-48 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi Manado, yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Sam Ratulangi hari Kamis, (01/11/12) siang tadi.

Selama kurang lebih 1 jam Gubernur mengupas dan menyampaikan pemikirannya yang sempat memukau seluruh undangan yang menghadiri Rapat Senat Terbuka FISIP Unsrat. Selain anggota Forkorpimda Provinsi, para Pejabat Pemprov Sulut, civitas akademika FISIP Unsrat nampak juga para pemerhati dan praktisi politik dan kemasyarakatan dan kalangan perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya di Sulut.

Acara diawali dengan Laporan Tahunan yang disampaikan oleh Dekan FISIP Unsrat Drs. Plillip Morse Regar, MS yang menyampaikan kondisi dan capaian serta rencana pengembangan FISIP Unsrat ke depan.
Menariknya, pada kesempatan tersebut Dekan secara terbuka meminta kesediaan Dr. Sinyo Harry Sarundajang untuk menjadi Guru Besar Luar Biasa di Fisip Unsrat.

Dekan juga mengungkapkan rencana FISIP Unsrat untuk mendirikan Pusat Pengkajian tantang Pemilu dan Partai Politik dan meminta Gubernur nantinya menjadi Pembina.

Dalam orasi ilmiahnya Gubernur menggambarkan secara lugas namun dalam bahasa ilmiah yang sangat kental tentang dinamika dan kondisi demokrasi dan politik yang sedang berlangsung di tanah air saat ini.

Gubernur berpendapat bahwa saat fenomena yang sedang terjadi dalam demokrasi politik Indonesia saat ini adalah pertarungan antara Etika Reformis-Demokratis dan Etika Konservatif-Otoritarian.

Alumnus FISIP Unsrat Manado Tahun 1968 yang saat ini menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Gajah Mada serta penerima Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Kepemimpinan Masyarakat Majemuk dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut, mengajak semua komponen bangsa untuk menyatukan tekad dan komitmen bahwa Era Transisi Demokrasi harus diarahkan untuk dapat memberikan Iklim Yang Kondusif bagi berlangsungnya Konsolidasi Demokrasi di semua aspek kehidupan bangsa.

Keberhasilan melakukan Konsolidasi Demokrasi di era transisi ini akan memberikan garansi positif bagi upaya pemantapan dan pengembangan sistem Politik Demokratis sebagai landasan bagi berlangsungnya proses reformasi. Dalam masa seperti ini diperlukan Pemimpin Yang Berkarakter Kebangsaan/ Nasionalis.
SHS juga mengingatkan bahwa Bangsa ini sangat memerlukan Konsesus Nasional Baru untuk mengakhiri Pertikaian Yang Tidak Produktif dan momentumnya sangat tepat setalah 104 tahun Kebangkitan Nasional yang pertama Tahun 1908.

“Konsensus Nasional baru tersebut intinya adalah Mengakhiri Pertarungan Ideologis, Menyingkirkan Gerakan Berbau Separatisme, dan menyudahi pertikaian yang tidak produktif bagi upaya-upaya memajukan bangsa,”tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur menyerahkan bantuan 8 unit Komputer untuk kegiatan akademik dan admistrasi di FISIP Unsrat Manado.(alex)

COMMENTS

Name

advetorial,73,artikel,3,balap,18,basket,4,berita utama,141,berita-utama,1239,beritautama,77,bitung,318,bolaang-mongondow,86,bolaang-mongondow-selatan,17,bolaang-mongondow-timur,50,bolaang-mongondow-utara,30,budaya,7,bulutangkis,35,Dunia Militer,4,ekonomi-bisnis,309,entertainment,203,gallery,47,gaya-hidup,45,Headline,23,hukum-kriminal,420,internasional,152,kesehatan,45,kotamobagu,60,manado,931,merciful-bisnis,4,minahasa,120,Minahasa selatan,22,minahasa-selatan,189,minahasa-tenggara,32,minahasa-utara,63,Minsel,40,nasional,633,Nusa Utara,5,olahraga,347,Opini,1,pariwisata,72,pemerintahan-politik,1381,pendidikan,97,religius,120,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,125,talaud,19,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,22,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: Sarundajang: Bedah Dinamika Demokrasi dan Politik
Sarundajang: Bedah Dinamika Demokrasi dan Politik
http://1.bp.blogspot.com/-sCE4t44Jsdc/UJJbWGMXuLI/AAAAAAAAA2w/wRDPrac06do/s1600/Sinyo+Harry+Sarundajang,Gubernur+Sulut.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-sCE4t44Jsdc/UJJbWGMXuLI/AAAAAAAAA2w/wRDPrac06do/s72-c/Sinyo+Harry+Sarundajang,Gubernur+Sulut.JPG
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2012/11/sarundajang-bedah-dinamika-demokrasi.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2012/11/sarundajang-bedah-dinamika-demokrasi.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy