February 05, 2013

Djouhari Kansil: Tulude Sitaro Spektakuler

http://www.fokusmanado.com/search/label/Pemprov
FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Djouhari Kansil saat menjelaskan 

SITARO, FOKUSMANADO.COM - Wakil Gubernur Sulut Dr, Djouhari Kansil MPd memberi apresiasi atas terlaksananya pelaksanaan Gelar Seni Budaya Adat Tulude yang digelar Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, di Lapangan Batahi Ondong, Jumat (01/02/13) pekan lalu.

"Saya nilai pelaksanaan Tulude Tahun ini sangat spektakuler karena selain mampu menghadirkan Menteri Koperasi dan UMKM DR. Syarifuddin Hasan, serta pemberian penganugerahan Gelar Adat kepada dua tokoh karangetang yaitu "Muntia Simenang Mehengke Nusa" (Mutiara Cemerlang Pembawa Kemajuan Negeri) kepada Anggota DPR-RI Inggrid Maria Palupi Kansil, yang juga Isteri tercinta dan Pak Menkop dan Gelar Adat "Bataha Kelung Tatenda Nusa" (Satria Sakti Pelindung Negeri)kepada Irjen Pol (Purn) Drs. Tommy Trider Jakobus, mantan Kapolda Papua, juga dimeriahkan dengan pesta kembang api. Ini sungguh-sungguh spektakuler", kata Kansil.

Gelar seni budaya tulude merupakan suatu berkat dan anugerah Tuhan bagi pemerintah dan masyarakat kepulauan Sitaro, karena hampir tidak ditemui di luar daerah sulut, bahkan di seluruh dunia, sehingga menjadi suatu yang unik, berciri khas dan menarik bagi siapa saja yang menyaksikannya. "Suasana ini, tentunya memberikan suatu kebahagiaan sekaligus kebanggaan bagi kita apalagi melihat kepedulian dan perhatian yang tinggi dari segenap komponen daerah kepulauan sitaro  yang konsisten melestarikan warisan budaya bangsa, kearifan lokal, kekayaan budaya sulut yaitu seni budaya tulude yang telah menjadi agenda rutin di sitaro, ujar mantan Kadis Diknas Sulut ini.

Dikatakannya, pesta adat tulude yang mengangkat Tema: Sutulumang I Genggonalangi I Kite Manepase Mamangung Tahanusa-Su Ghigile Dingangu Pudarame yang artinya Dengan Pertolongan Tuhan Kita Lanjutkan Pembangunan Sitro Dalam Nuansa Persaudaraan Yang Rukun dan Damai, kiranya akan menumbuhkan semangat mapalus, baku-baku bae dengan saling menghormati satu dengan yang lain. Karena hanya demikian, apa yang menjadi harapan dan cita-cita masyarakat dan pemerintah Kab. Sitaro untuk membangun daerah ini lebih baik dari sekarang bisa terwujud, pungkas putra terbaik asal Sitaro ini.(Alex)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: