February 15, 2013

Gubernur Sulut: Harus Pertahankan Kerja Yang Terbaik

http://www.fokusmanado.com/search/label/Pemprov
Saat Rapat koordinasi dan evaluasi Tahun Pemprov Sulut 
PEMPROV, FOKUSMANADO.COM - Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang memberi apresiasi positif terhadap Bupati/Walikota se- Provinsi Sulut, karena berdasarkan evaluasi, hasil capaian pembangunan ekonomi tahun 2012 lalu, dikatakannya cukup baik dan maksimal. alasannya bahwa semua sektor mengalami pertumbuhan positif, termasuk didalamnya peran dari kabupaten/kota, jelas SHS saat membuka pelaksanaan Rakorev pembangunan TA 2012 yang diikuti para bupati/walikota, Ketua-Ketua Bapeda se- Sulut, Unsur Forkopimda Sulut, dan pejabat teras pemprov. di Ruang Mapalaus Kamis (14/2) lalu.

Sarundajang mengatakan, hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 7,5%  dapat dicapai pada angka 8%. Untuk nilai PDRB Tahun 2012 atas dasar harga berlaku, tercatat senilai Rp. 47,20 triliun dari target 41,83 triliun dan secara riil (atas harga konstan 2000) senilai Rp. 21,29 triliun. Sedangkan tingkat inflasi dipertahanakan pada satu digit, dengan tingkat penurunan angka pengangguran ditekan sampai 7,7% dan angka kemiskinan mencapai 7%, jelasnya.

khusus untuk capaian pembangunan ketahanan pangan, secara khusus produksi padi dapat mencapai target, dimana hampir 620 ribu ton gabah kering giling dapat dihasilkan oleh para petani kita. "Karena itu lewat kesempatan ini saya mengingatkan para bupati/walikota yang memiliki lahan pertanian, khususnya sawa jangan dijadikan perumahan, ini sudah dilarang mohon diperhatikan, karena akibatnya kita sendirilah yang akan terima nanti apabila terjadi bencana banjir dan tanah longsor",kata SHS.

  Demikian halnya dengan capaian perikanan budidaya, dimana semua terget dapat tercapai. Sedangkan untuk produksi jagung, ada penurunan, perlu bekerja keras, alasannya karena ada peningkatan jumlah ternak baik sapi, kuda, dan babi, termasuk manusia semua itu makan jagung. SHS juga menginformasikan bahwa pemprov ada bantuan sapi secara cuma-cuma untuk kelompok tani di kab/ko, karena itu bupati/walikota silahkan minta pasti akan kami berikan, janjinya.

Sementara terkait pembangunan khusus pengembangan agribisnis, maka sektor perkebunan menunjukan kinerja postif, dimana target produksi kelapa mampu dicapai sampai angka 277 ton per hektar dan produksi cengkih mencapai 16,6 ton per hektar jauh melebihi dari target yang ditetapkan, pungkas SHS. Turut hadir Wagub Dr. Djouhari Kansil MPd.(Alex)

BAGIKAN KE:

0 komentar: