February 11, 2013

John Dumais: SPIP Harus Dioptimalkan

http://www.fokusmanado.com/search/label/Deprov
Ketua Komisi I DPRD Sulut John Albert Oktavianus Dumais
DPRD Sulut, FOKUSMANADO.COM - Ketua Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Sulut, John Albert Oktavianus Dumais menghimbau agar eksekutif dapat memaksimalkan serta memanfaatkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) yang merupakan tugas pokok Inspektorat Provinsi Sulut.

Dikatakan Dumais, SPIP harus dikelola maksimal dan optimal sehingga bisa mengawal sekaligus mengawasi berbagi program kegiatan dan pengelolaan keuagan yang dikelola oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemerintah Provinsi Sulut.
“SPIP sangat penting untuk masing-masing SKPD. Selain itu juga, SPIP dapat mengawasi berbagai program kegiatan dari setiap SKPD sehingga dapat berjalan maksimal dan optimal. Ini juga semacam kontrol, supaya pengelolaan keuangan masing-masing SKPD dapat berjalan dengan baik,”ujar Dumais, Senin (11/02/13) Kemarin.

Selain itu, dijelaskan politisi Partai Demokrat asal Dapil Kota Bitung ini, SPIP menjadi salah satu instrumen penting bagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ketika melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan yang ada di masing-masing SKPD.

“Ini merupakan syarat penting bagi BPK dalam penilaian dan memberikan opini terkait SPIP. Hal ini tentunya sangat penting, sehingga harus dimaksimalkan dan dioptimalkan,” tutur Calon Wali Kota Bitung 2016 itu.

Ia menambahkan, fungsi kontrol dari DPRD sangat penting sehingga penerapan SPIP dapat berjalan dengan baik.(IM)

BAGIKAN KE:

0 komentar: