February 15, 2013

Tombariri Lebih Tepat Gabung Tomohon

http://www.fokusmanado.com/search/label/Minahasa
John Pangemanan 
MINAHASA, FOKUSMANADO.COM - Pernyataan Legislator Minahasa utusan Dapil I, Kecamatan Tombulu, Pinelang dan Tombariri, Jemmy Tuuk, yang menyebutkan bahwa Kecamatan Tombariri tak layak untuk bergabung dengan Kota Tomohon sangat tidak relevan.

Menurut John Pangemanan selaku generasi muda Tombariri, apa yang dikatakan Jemmy Tuuk selaku anggota DPRD Minahasa perlu dipertimbangkan kembali.

“Sebenarnya Kecamatan Tombariri lebih tepat untuk bergabung dengan Kota Tomohon. Dari segi etnis, Tombariri dan Tomohon memiliki kesamaan yakni Tombulu. Sehingga tidak diragukan lagi Tombariri menjadi bagian pemerintahan dari Kota Tomohon. Seharusnya, Bung Jemmy sebagai wakil rakyat di DPRD Minahasa dari Dapil I memikirkan bagaimana pembangunan yang ada di wilayah Tombariri, Pineleng, dan Tombulu. Buktinya, sudah hampir menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai wakil rakyat, bukti konkrit yang diperjuangkan untuk masyarakat terkesan tidak ada. Beliaukan warga Pineleng, tapi terkesan tak merestui Tombariri bergabung dengan Tomohon,” jelas Pangemanan.

Harus disadari bahwa jika Tombariri gabung dengan Tomohon, maka akan mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat.

“Tombariri memiliki batas dengan laut, dan juga sebagian besar warga adalah nelayan. Bukan tidak mungkin Tombariri akan dijadikan pelabuhan perikanan. Selain itu, banyak sumber PAD yang nantinya bisa diserap untuk kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Lanjut dikatakan mantan Ketua Panwaslu Kecamatan Tombariri ini, wacana pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar) sangat positif. Akan tetapi, jika dilihat dari letak geografis, terkesan sangat sulit. Apalagi wilayah Kecamatan Tombulu dibatasi oleh wilayah Kota Manado.

“Ditinjau dari letak geografis terkesan sangat sulit. Selain itu, hingga kini faktor pendukung pembentukan Kabupaten Minbar belum bisa dipenuhi, seperti pemekaran desa mapun kecamatan masih terkatung-katung. Intinya, jangan dulu berharap terbentuknya Kabupaten Mimbar, karena kami generasi muda Tombariri akan berjuang untuk bergabung dengan Kota Tomohon,” pungkasnya.(Red)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: