February 12, 2013

Wali Kota Bitung di Workshop Bendahara Mahir Pajak

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Bitung Hanny Sondakh
saat hadiri Workshop Bendahara Mahir Pajak 
BITUNG, FOKUSMANADO.COM - Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bendarawan baik instansi negeri maupun swasta di kota Bitung, kantor pelayanan pajak pratama Bitung mengelar workshop bendaharawan mahir pajak,  acara ini dibuka oleh walikota Bitung Hanny Sondakh, bertempat di ruang rapat lantai empat KPP Pratama Bitung, Senin (11/02/13) lalu.

Menurut kepala KPP pratama Bitung Drs Denny Ferly Makisanti MSi dalam laporannya mengatakan bahwa bendaharawan memegang peranan penting dalam pengelolaan pendapatan sektor pajak oleh karena itu setiap bendahara wajib mengetahui ketentuan dan tatacara pemotongan dan penyetoran pajak di setiap instansi agar berjalan sebagaimana ketentuan.

"Sehingga bendaharawan mampu menjaga dan mengamankan penerimaan," ujarnya.

selanjutnya Makisanti menguraikan, untuk tahun 2013 ini target penerimaan pajak melalui KPP pratama Bitung mengalami kenaikan dari 383 untuk tahun 2012 menjadi 526 milyar untuk tahun 2013 ini.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 400 bendarawan, baik dari instansi pemerintah kota Bitung, pihak swasta dan instansi vertikal.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Hanny Sondakh saat membuka kegiatan ini mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya mereformasi sistem perpajakan termasuk mereformasi diri sendiri dengan berupaya meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar pendapatan melalui sektor pajak berjalan maksimal sebagimana harapan.

"Sebab pajak memiliki peran besar dalam pembangunan nasional dan daerah sehingga perlu dilakukan langkah - langkah kongkrit dalam menata penatalayanan sistem perpajakan sehingga mampu memberikan andil besar dengan meningkatkan pendapatan nasional yang berimbas pada pembangunan nasional," ujar Sondakh.

Ia berharap kegiatan ini bukan hanya menjadi sarana diskusi semata melainkan menjadi wahana untuk menambah pengetahuan dan wawasan agar tercipta pemahaman yang sama dalam mengimplementasikan tugas - tugas bendaharawan sebagaimana ketentuan.

Kemudian Sondakh pun mengajak agar seluruh wajib pajak agar melaksanakan kewajibannya sebagaimana ketentuan.

"Saya selalu melaksanakan kewajiban  melapor dan menyetor pajak, dan setiap pemimpin harus memberikan contoh sebagimana kewajiban sebagai warga negara," pungkasnya.(ndo)

BAGIKAN KE:

PENULIS :

0 komentar: