April 30, 2013

Batas Wilayah Bolmut dan Bolmong Disepakati

saat pembahasan tapal batas pemerintah Bolmut bersama Bolmong 
BOLMONG - Rapat Penegasan Tapal Batas antara Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang digelar di ruang Assisten I Sekdakab Bolmong telah menyepakati 31 titik batas. Namun masih ada 5 titik lagi yang akan kembali dibahas pecan depan. Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan Sekdakab Bolmong Drs Chris T Kamasaan usai rapat penegasan tapal batas.

Menurut Kamasaan, pada intinya Pemkab Bolmong maupun Pemkab Bolmut akan segera merampungkan tapal batas kedua wilayah saat ini telah disepakati 31 titik dari 36 titik. “Yang masih belum memperoleh kesepakatan adalah 5 titik,” ujarnya.

Kamasaan menuturkan jika tidak berhalangan, agenda pembahasan direncanakan akan digelar selasa pecan depan, di Kantor Camat Sang Tombolang. Terkait ke 5 titik yang belum disepakati, Pemkab Bolmong tetap mengacu pada batas alam berdasarkan pelacakan batas kedua daerah oleh Konsultan Pelaksana Geotrap yang ditunjuk Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), yakni batas alam aliran sungai inuay. Sementara Pemkab Bolmut bersikukuh dengan mengambil perkebunan sangtombolang sebagai titik batas, dengan alasan perkebunan tersebut dihuni masyarakat Bolmut yang bercocok tanam di tempat itu.

“Untuk tenggang waktu hingga pecan depan Pemkab Bolmong maupun Pemkab Bolmut akan mengkonsultasikan hasil rapat penegasan tapal batas kepada bupatidua daerah,” jelasnya. Sambil berharap agar rapat penegasan tapal batas pekan depan dapat memperoleh kesepakatan.

Perlu diketahui, rapat penegasan tapal batas dihadiri oleh masing masing Tim Penegasan Tapal Batas kedua daerah yang di pimpin oleh Asisten I Sekdakab Bolmong Drs Christ T Kamasaan, dan Asisten I Sekdakab Bolmong Utara Robert T Bonde.

Reporter: Viktorius Kundiman
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: