April 12, 2013

Diperkirakan 100 Bendera Israel Akan Berkibar di Jakarta

Bendera Israel  
JAKARTA - Seratus bendera Israel akan berkibar di Jakarta pada HUT ke-65 negara berpenduduk mayoritas Yahudi itu, 15 April mendatang. Seratus bendera itu sudah dipersiapkan oleh para pencinta Israel di Indonesia yang membentuk Jerusalem-Jakarta Initiative.

"100 Bendera sudah dicetak," kata pendiri Jerusalem-Jakarta Initiative, Unggun Dahana, Kamis (11/4) lalu.

Unggun menjelaskan, 100 bendera itu akan dikibarkan komunitas pencinta Israel di rumah mereka masing-masing, mulai tanggal 15 April-14 Mei mendatang. Dia menjelaskan, menurut kalender Masehi, HUT ke-65 Israel jatuh pada 14 Mei mendatang.

"Namun menurut kalender Ibrani itu tanggal 15 April. Jadi boleh dirayakan dari 15 April sampai 14 Mei," jelas Unggun yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Unggun mengatakan, pengibaran bendera Israel di rumah masing-masing ini dilakukan karena pihaknya belum siap untuk mengajukan izin ke kepolisian. "Jadi kita rayakan di rumah masing-masing," katanya, seperti dilansir merdeka.com.

Dia menguraikan, perayaan di rumah masing-masing ini dilakukan dengan pengibaran bendera sambil menyanyikan Hatikvah, lagu kebangsaan Israel.

Seperti diketahui, pada 14 Mei 1948, Israel memproklamasikan kemerdekaannya yang kemudian diikuti oleh peperangan dengan negara-negara Arab di sekitarnya yang menolak rencana pembagian ini. Israel kemudian memenangkan perang ini dan mengukuhkan kemerdekaannya.

Akibat perang ini pula, Israel berhasil memperluas batas wilayah negaranya melebihi batas wilayah yang ditentukan oleh Rencana Pembagian Palestina. Sejak saat itu, Israel terus menerus berseteru dengan negara-negara Arab tetangga, menyebabkan peperangan dan kekerasan yang berlanjut sampai saat ini.

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: