Dukung Incumbent, Dua Rumah Warga Digusur, Dumais Tergugah

Saat Keluarga Sucipto Labulango dan San Pende, warga Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna Bolmong Utara rumah mereka digusur.  
BOLMUT - Resiko buruk sering dialami masyarakat, kala menentukan pilihan untuk mendukung salah satu kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati di Pemilukada. Teror, diskriminasi serta intimidasi kerap mewarnai tingginya tensi pesta demokrasi tersebut.

Seperti yang dialami Keluarga Sucipto Labulango dan San Pende, warga Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna Bolmong Utara. Kedua keluarga itu, hanya bisa menangis ketika rumah tempat tinggal mereka digusur paksa. Itu menyusul kedua keluarga itu mendukung Calon Incumbent, Hamdan Datunsolang (HD) dan Farid Lauma sebagai kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Utara Periode 2013-2018.

Terpaksa mereka harus angkat kaki dari tanah yang diduga milik salah satu kandidat Kandidat Bupati Bolmut. Peristiwa memiriskan itu terjadi Rabu (3/4) lalu. Rumah dari kedua Kepala Keluarga ini, harus dipindahkan ke lokasi lain.Warga sekitar yang mendengar dan menyaksikan peristiwa ini, langsung mengambil sikap untuk membantu mengangkat rumah keduanya ke lokasi Kebun di Desa Bintauna.

"Kami tak menyangka bisa menjadi seperti ini. Hak politik kami dipasung. Karena kami mendukung Bapak Hamdan Datunsolang, rumah yang kami tempati akhirnya digusur oleh orang suruhan salah satu calon kandidat Bupati yang namanya tak perlu saya sebut. Memang kami menyadari, tanah itu hanya kami tempati sementara saja. Tapi jangan seperti ini caranya. Namun apalah daya, nasi sudah menjadi bubur," keluh Sucipto Labulango dan San Pende.

Kejadian penggusuran rumah ini, tak disangka akan terjadi kepada mereka. "Kami sudah mendengar, ada beberapa rumah di Desa Biontong dan di Desa lain, yang digusur. Bukan hanya itu, kubur keluarga pun, kami dengar harus dipindahkan cuma lantaran mendukung Hamdan Datunsolang. Apa salah kami. APakah kami tidak bisa memberikan hak politik kami," tanya mereka.

Keluhan tersebut ternyata merenyuh hati warga setempat. Sekitar pukul 07.30 Wita kemarin, secara serentak warga Desa Kuhanga membantu keluarga Sucipto Labulango dan San Pende, untuk pindah rumah. Tak tanggung-tanggung, rumah berukuran 4x6 Meter itu, diangkat secara gotong royong dan dipindahkan ke lokasi kebun.

Peristiwa ini juga ternyata menggugah hati para wakil rakyat yang duduk di DPRD Sulut. Ketua Komisi I, Jhon Dumais merasa prihatin dengan peristiwa yang terjadi terhadap kedua keluarga ini.

"Saya baru mendengar hal ini. Saya merasa prihatin dengan peristiwa ini. Hanya lantaran mendukung salah satu calon, rumahpun menjadi korban. Itu bukti nyata tingkat kedewasaan para kandidat yang akan bertarung di Pemilukada di Bolmut," ungkap Dumais sembari meminta pihak pemerintah setempat untuk segera mencari tahu duduk permasalahan ini, dan diselesaikan secara damai.

"Mari kita mengedepankan sikap profesionalisme serta meningkatkan kedewasaan dalam berpolitik. Saya juga menghimbau agar seluruh masyarakat jangan terpengaruh, dan saling main hakim sendiri. Ciptakanlah hidup damai antar sesama, dan jaga stabilitas keamanan di Bolmut," harap Legislator vokal itu.

Editor: Ferlyando Sandala 
Name

advetorial,70,artikel,2,balap,17,basket,4,berita utama,4,berita-utama,1120,bitung,309,bolaang-mongondow,84,bolaang-mongondow-selatan,15,bolaang-mongondow-timur,49,bolaang-mongondow-utara,29,budaya,3,bulutangkis,35,ekonomi-bisnis,284,entertainment,198,gallery,46,gaya-hidup,44,Headline,9,hukum-kriminal,402,internasional,150,kesehatan,36,kotamobagu,60,manado,911,merciful-bisnis,3,minahasa,115,Minahasa selatan,9,minahasa-selatan,130,minahasa-tenggara,29,minahasa-utara,55,Minsel,26,nasional,622,olahraga,344,Opini,1,pariwisata,67,pemerintahan-politik,1217,pendidikan,82,religius,106,sangihe,44,sepakbola,207,sitaro,25,sulut,109,talaud,18,tekno,12,tenis,4,tinju,6,tomohon,100,tutorial-web,18,video,23,
ltr
item
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi: Dukung Incumbent, Dua Rumah Warga Digusur, Dumais Tergugah
Dukung Incumbent, Dua Rumah Warga Digusur, Dumais Tergugah
http://1.bp.blogspot.com/-zf706CJeTtk/UV1-_qj4tnI/AAAAAAAABHc/EUcgYTL7JIM/s1600/foto+penggusuran.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-zf706CJeTtk/UV1-_qj4tnI/AAAAAAAABHc/EUcgYTL7JIM/s72-c/foto+penggusuran.jpg
FokusManado.Com : Tercepat Dalam Informasi
http://www.fokusmanado.com/2013/04/dukung-incumbent-dua-rumah-warga.html
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/
http://www.fokusmanado.com/2013/04/dukung-incumbent-dua-rumah-warga.html
true
2964614751945099129
UTF-8
Tidak ada sambungan Tidak ditemukan tulisan apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balasan Cancel reply Delete PENULIS Home HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POS Tidak ditemukan pos apa pun dengan permintaan Anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy