April 18, 2013

Gubernur dan Wagub Hari Ini Pantau UN

Ilustrasi UN 
MANADO - Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang direncanakan, Kamis (18/4) hari ini akan melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri I Manado dan SMU Negeri 9 Manado, sedangkan Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd akan melakukan pemantauan di SMA Kristen Ebenhaezar Manado dan SMA Negeri 7 Manado. Hal itu disampaikan Wagub kepada wartawan usai rapim EPPA di Kantor Gubernur, Rabu (17/4) kemarin. 
  
Kansil mengatakan mudah-mudahan, kemarin semua soal mata pelajaran ujian nasional sudah terdistribusi dengan baik, hingga keseluruh pelosok  daerah di  provinsi sulut. Termasuk mengantisipasi terjadinya kekurang soal mata pelajaran yang dikirim di sekolah-sekolah,  sembari menyebutkan, alasan penundaan UN di 11 Provinsi termasuk sulut masuk sona 3 wilayah tengah ini, dikarenkan adanya keterlambatan dari percetakan yang ditunjuk oleh Kemendibud. Alasan inilah yang disampaikan oleh Wamendikbud saat pertemuan dengan Gubernur se- Indonesia yang di ikuti Wagub di jakarta baru-baru ini.


Sebagai pemerhati pendidikan di daerah ini, Kansil juga sangat menyayangkan atas keterlambatan UN didaerah ini, cuma karena alasan percetakan. 


"Dulu sewaktu masih menjabat kadis Diknas Sulut, soal UN di percayakan daerah untuk mencetak, tapi sekarang di pusatkan di pulau jawa saja, sembari menyebutkan pula kalau siswa SD dan SMP tidak perlu diuji lewat UN, tapi kalau siswa SMA perlu karena mereka nantinya akan melanjutkan di perguruan tinggi", katanya.

Kansil juga berpesan agar adik-adik siswa SMA, MA dan  SMK di daerah ini, dalam  menghadapi pelaksanan UN ini dengan penuh ketenangan, belajarlah dengan baik, sambil terus berdoa, jujur dan bersemangat. Mudah-mudahan hasil UN tingkat SMA di sulut minimal bisa dipertahankan seperti tahun lalu yakni mencapai 99 persen.



Reporter: Alex Terwin
Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: