April 21, 2013

Kalahkan Lavente, Dua Kali Menang Barca Juara Liga

Barcelona vs Levante 

NOU CAMP - Barcelona akhirnya berhasil menekuk Levante 1-0, Minggu (21/4) dini hari WIB lewat sebuah perjuangan keras. Gol tunggal Cesc Fabregas di menit ke-84 menyudahi perlawanan gigih Levante sepanjang pertandingan. Gol ini berawal dari umpan terukur Alexis Sanchez dari sisi kiri pertahanan.

Dengan kemenangan ini, Barca tinggal membutuhkan enam poin lagi untuk menjadi juara. Apapun, hasil yang didapatkan Madrid pada dua laga berikutnya. Dua laga penentuan Barca yaitu melawan Athletic Bilbao (tandang) dan menjamu Real Betis di Camp Nou. Ini artinya, Barca bisa merayakan gelar juara di kandang sendiri jika skenario ini berjalan dengan mulus.

Tiga poin Barca kali ini benar-benar sulit. Hasil imbang seakan sudah di depan mata sebelum pelatih Tito Vilanova melakukan penggantian pemain yang jitu. Ya, kunci kemenangan adalah ketika dia menurunkan Alexis untuk menggantikan Tello di menit ke-77. Strategi ini berjalan ampuh. Meski sampai menit ke-80 keberuntungan Barca seakan menjauh.

Barcelona benar-benar ingin memenangkan laga. Ini terlihat dari diturunkannya Xavi dan Pedro di babak kedua. Tapi, perubahan benar-benar terjadi setelah Alexis diturunkan. Peluang emas sempat didapatkan David Villa di menit ke-81. Sayang, tembakannya masih melambung ke atas.

Sementara itu, Barcelona harus gigit jari di babak pertama. Barca belum bisa membobol gawang Levante, gara-gara ketangguhan kiper Keylor Navas. Kiper Levante ini berhasil menggagalkan penalti yang dieksekusi David Villa di menit ke-16.

Penalti diberikan setelah Andres Iniesta dijegal P Diop di kotak penalti. Sayang, ini tak mampu dimaksimalkan Villa. Tembakannya ke kanan mampu dibaca dengan baik oleh Keylor.Tidak hanya sekali, Navas tampil cemerlang. Dia juga berhasil menepis sebuaah sepakan jarak jauh dari Dani Alves di menit ke-33.

Sejak menit pertama, Barcelona terus menunjukkan dominasi mereka. Bahkan penguasaan bola Barcelona, berdasarkan espn.com, mencapai 79 persen dan Levante 21 persen. Dominasi ini tak mampu meruntuhkan tembok yang dibangun oleh Levante yang digalang oleh D Navarro dan Vyntra.

Di menit ke-43, Villa mencoba peruntungannya kembali lewat tembakan jarak jauh. Tapi, lagi-lagi Navas, meski agak kagok, masih bisa menepis tendangan Villa. Alhasil, skor pun bertahan 0-0 sampai peluit babak pertama berakhir.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3)

1 Valdes
2 Alves, 21 Adriano, 22 Abidal, 19 Montoya
11 Thiago/17 Pedro (67), 25 Song, 8 Iniesta/6 Xavi (59)
37 Tello/9 Sanchez (77), 4 Fabregas, 7 Villa

Levante (4-2-3-1)

13 K navas
19 P Lopez, 6 Vyntra, 4 D Navarro, 12 Juanfran
24 Simao/21 Michel (86), 23 P Diop
8 E Zhar/17 17 Valdo (69), 7 Barkero, 11 R Garcia/27 R Marti (90)
11 Acquafresca

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: