April 08, 2013

Musrembang Provinsi Sulut Digelar di Hotel Sintesa Paninsula

Para peserta musrembang provinsi Sulut  
MANADO - Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Jumat, 5 April 2013, didampingi Sekretaris Daerah, Ir. M. H. F. Sendoh, Inspektur, Andre Hosang, SE, M.Si dan kepala Bappeda, Pieter K. B. Assa, Ph.D menghadiri Musrembang Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2013.

Acara Musrenbang di buka oleh Gubernur Sulut, Dr. S. H. Sarundajang, sedangkan tampil sebagai pembawa materi antara lain, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida. S. Alisjahbana, MA, Mewakili Menteri Dalam Negeri adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Drs, H. Achmad Zubaidi, M.Si, dan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Pdt. Meiva Salindeho, S.Th, sedangkan  peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) adalah Bupati/Walikota se-Sulawesi Utara dan sejumlah SKPD yang terkait.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, MA, dalam sambutannya, mengatakan pelaksanaan Musrenbang, sangat penting. Sebab, kegiatan ini mempunyai langkah-langkah efisiensi, relokasi dan on-top. untuk penyelarasan belanja modal, belanja barang dan bantuan sosial.

“Ini juga akan berpengaruh dalam menyimbangkan antara pencapaian sasaran, penanggulangan kemiskinan, dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri.

"Dari 15 kabupaten/kota, Manado memiliki pertumbuhan ekonomi yang tertinggi. Juga disampaikannya bahwa kota Manado, Tomohon dan Minahasa Selatan merupakan tiga daerah yang melek huruf terbaik," ujar Gubernur.

Seluruh rangkaian kegiatan MUSRENBANG diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan RKPD.

"Kegiatan Musrenbang bertujuan untuk menyelaraskan substansi antara renja SKPD yang nantinya akan dugunakan untuk pemutahiran rancangan awal RKPD provinsi Sulut tahun 2012. Dan untuk menampung usulan dari kabupaten/kota, khususnya dalam kegiatan dengan pembiayaan APBD, Dana Dekonsentrasi, Tugas pembantuan serta APBD Provinsi tahun 2012," jelas Walikota.

Reporter: Nikson Katiandagho
Editor: Ferlyando Sandala  

BAGIKAN KE: