April 30, 2013

Perebutan Kursi Deprov Semakin Ketat

Logo Parpol 2014 
MANADO - Perebutan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (Deprov) Sulawesi Utara semakin menarik untuk disimak. Ini dibuktikan dengan kandidat yang masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah duduk pada Periode 2009-2014.

Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) Manado. Dimana ada Sembilan legislator yang berhasil menduduki kursi tersebut, antara lain dari Partai Golkar (PG), Victor Mailangkay, peraih suara terbanyak yakni 13.557 suara dan sekarang ini akan memperebutkan kursi di DPR RI. Diana Rogi dari PG, yang notabane adalah anak mantan Walikota Manado, Jimmy Rimba Rogi, terdaftar sebagai caleg namun hanya di tingkat DPRD Kota. Wakil Ketua DPRD Sulut, Arthur Kotambunan dari Partai Damai Sejahtera (PDS) yang juga akan berebut kursi di DPR RI.

Semetara yang tetap bertahan untuk merebut kursi di Deprov adalah Joudie Watung (PD) peraih suara terbanyak ke dua, Andrei Angouw (PDIP), Djafar Alkatiri (PPP), Teddy Kumaat yang pindah haluan dari Gerindra ke PDIP. Ayub Ali dari PAN dan Rosmawati Nasaru dari Hanura sesuai informasi masih tetap maju.

Sementara ini dalam DCS yang masuk di KPU Sulut untuk periode 2014-2019 terdapat nama-nama tokoh masyarakat yang terkenal di sulut antara lain Hanny Jost Pajow, Febe Lumanouw, Amir Liputo, Maudi Manoppo. Akankah para incumbent bisa mempertahankan posisi mereka pada periode berikut.

Pengamat politik dan kemasyarakatan, Max Donald Jakobus SSos menilai bahwa Pemilu 2014 persaingan bakal ketat, siapa yang tak merakyat pasti tersingkir. “Begitu juga anggota dewan incumbent, belum tentu ‘aman’. Karena rakyat sekarang tidak bodoh,” ujarnya.

Lalu siapa legislator Sulut Dapil Manado yang bakal bertahan? Ataukah akan muncul muka-muka baru yang merakyat? Sangat menarik untuk ditunggu.

Legislator yang terpilih dengan peroleh suara:
1. Victor Mailangkay SH MH (Golkar) 13.557
2. Joudie A. Watung SH (Demokrat) 11.031
3. Diana Lady Rogi S.Th (Golkar) 10.271
4. Drs. Arthur Kotambunan Bsc. (PDS) 8.366
5. Andre Angow (PDIP) 7889
6. Hj Rosmawati Nasaru SE (Hanura) 6.420
7. Teddy Kumaat SE (Gerindra) 6.321
8. Ir Hi Djafar Alkatiri ( PPP) 6.173
9. Hi Ayub Ali SE

Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: