April 11, 2013

Tanpa Messi, Barcelona Tak Akan Lolos Kesemifinal

Barcelona vs Paris Saint Germain 
BARCELONA - Barcelona harus berjuang ekstra sengit saat menjamu Paris Saint Germain di leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Tertinggal lebih dulu, Blaugrana akhirnya berhasil meraih hasil imbang 1-1 dan mengantongi tiket semifinal.

Bertanding di Camp Nou, Kamis (10/4) dinihari WIB, Barcelona tak memasukkan Lionel Messi dalam starting line up menyusul kondisinya yang belum pulih benar pasca cedera hamstring. Ketiadaan Messi memberi pengaruh besar dalam permainan tuan rumah, yang kurang berkembang dan lebih banyak tekanan di menit-menit awal laga.

Di babak pertama, Barcelona malah lebih banyak dapat ancaman melalui aksi-aksi Zlatan Ibrahimovic, Lucas Moura sampai Ezequiel Lavezzi dan Javier Pastore. Namun hingga babak pertama laga berakhir tanpa ada gol tercipta.

Adalah PSG yang unggul lebih dulu melalui Pastore di menit 49. Tertinggal 0-1, Barcelona lantas memasukkan Lionel Messi. Dan pemain terbaik dunia itu ikut punya adil dalam terciptanya gol yang dilesakkan Pedro Rodriguez pada menit 71.

Hasil 1-1 membuat kedua tim berbagi agregat 3-3. Dengan aturan agresivitas gol tandang, Barca berhak lolos ke semifinal. Menemani Real Madrid, Borussia Dortmund dan Bayern Munich yang juga lolos ke empat besar.

Permulaan pertandingan, laga langsung berjalan sengit sejak menit awal, dengan Barcelona dan PSG sama-sama bermain terbuka dan menciptakan peluang bikin gol. Tuan rumah punya kesempatan pertama bikin gol saat tendangan bebas Xavi Hernandes di muka kotak penalti menyasar sisi luar gawang Salvatore Sirigu.

PSG tak tinggal diam karena kurang dari semenit kemudian Ezequiel Lavezzi langsung menguji Victor Valdes melalui tendangan dari dalam kotak penalti, yang bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper asal Spanyol itu.

Di menit 12, usai mencuri bola dari pemain PSG, Iniesta jeli melihat Sirigu tak berada di posisinya. Melepaskan tendangan dari tengah lapangan, bola sepakan Iniesta melayang tipis di atas sasaran. PSG kembali membalas melalui sepakan mendatar Lucas Moura dari luar kotak penalti, yang lagi-lagi masih bisa ditangkap Valdes.

PSG dapat peluang terbaiknya di menit 24, saat Zlatan Ibrahimovic melepas umpan terukur pada Lavezzi. Masuk ke kotak penalti sambil menguasai bola, sepakan Lavezzi masih bisa dihalau Valdes menggunakan kakinya. Nyaris saja tim tamu membuka keunggulan.

PSG kembali punya peluang matang bikin gol saat tandukan Moura dari jarak dekat pada menit 28 masih bisa ditepis Valdes. Tendangan sudut yang lahir dari momen itu berujung pada tandukan Alex yang lagi-lagi memaksa Valdes jatuh-bangun mengamankan gawangnya. Sampai menit 30 PSG telah membuat empat shot on goal, sementara Barca nol. 

Di menit 37 David Villa dapat sedikit ruang tembak di dalam kotak penalti. Namun upayanya itu tak membuahkan hasil karena sepakannya melayang tinggi. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Pertandingan babak kedua berjalan empat menit, Paris Saint Germain berhasil menjebol gawang Barcelona. Gol tim tamu dilesakkan olih Javier Pastore. Gol tersebut berawal dari umpan terobosan yang dilepaskan Zlatan Ibrahimovic dan bisa dikejar Pastore yang mengalahkan sprint dua bek Barca. Tinggal berhadapan dengan kiper, sontekan Pastore masuk ke gawang dan mengubah kedudukan jadi 1-0.

Atas gol tersebut, Barcelona langsung bereaksi dengan memasukkan Messi. Dan hadirnya pemain terbaik dunia itu terbukti menambah daya gempur tuan rumah yang setidaknya dalam periode lima menit setelah Messi masuk lapangan punya tiga kesempatan mencetak gol penyama.

Salah satu yang terbaik adalah kerjasama satu-dua antara Villa dengan Iniesta, tapi sepakan keras Iniesta dari dalam kotak penalti dihadang Sirigu dengan sempurna. Tak lama berselang Pique melepaskan tendangan keras dari muka kotak penalti. Tendangan mendatar bek tengah Spanyol itu terhadang padatnya barisan belakang PSG.

Akhirnya Barcelona berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 71 melalui Pedro. Menusuk di sepertiga pertahanan PSG, Messi melepaskan umpan pada David Villa di dalam kotak penalti. Dikepung banyak pemain lawan, Villa mengirim bola pada Pedro. Yang langsung menyambarnya dengan tembakan keras. Bola masuk ke gawang.

Barcelona kemudian punya kesempatan untuk menambah jumlah golnya. Salah satunya lewat aksi individu Iniesta yang mengelabuhi dua bek PSG di dalam kotak penalti. Namun saat tinggal berhadapan dengan kiper di sudut sempit, sepakannya melebar.

Di menit-menit akhir pertandingan PSG mencoba memberi tekanan ke pertahanan Barcelona. Namun sampai akhirnya wasit meniupkan peluit panjang tanda laga tuntas, papan skor masih menunjuk angka 1-1.


Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: