April 08, 2013

Wow... Korut Akan Kembali Uji Coba Nuklir ?

rudal Korut disiapkan (Sky News) 
SEOUL - Korea Utara (Korut) diduga tengah menyiapkan uji coba nuklir keempat di Punggye-ri, lokasi uji coba nuklir sebelumnya. Spekulasi ini muncul setelah terdeteksi peningkatan aktivitas di lokasi uji coba nuklir bawah tanah tersebut.

"Kami tengah memonitor dengan seksama situasi yang berlangsung, yang sangat mirip dengan situasi yang terlihat sebelum uji coba nuklir ketiga," ujar seorang pejabat senior Korea Selatan (Korsel) kepada harian Korsel, JoongAng Ilbo dan dilansir kantor berita AFP, Senin (8/4) Kemarin.

"Kami telah mendeteksi peningkatan aktivitas para personel dan kendaraan-kendaraan di terowongan selatan lokasi uji coba di Punggye-ri, tempat rezim telah melakukan pemeliharaan fasilitas sejak uji coba nuklir ketiganya pada Februari lalu," imbuh pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

"Kami sedang mencoba mengetahui apakah itu murni persiapan untuk uji coba nuklir atau hanya rekayasa untuk memberikan tekanan lebih bagi kami dan Amerika Serikat," cetus pejabat Korsel tersebut. 

Informasi ini muncul menyusul laporan Kementerian Pertahanan Korsel bahwa Korut kemungkinan akan melakukan uji coba rudal jarak menengah pada Rabu, 10 April mendatang. Tanggal ini merupakan tenggat waktu yang diberikan pemerintah Korut bagi para diplomat asing untuk pergi dari negeri itu. Disebutkan bahwa pemerintah Korut tidak lagi menjamin keselamatan para diplomat asing.

Pada Februari lalu, Korut melakukan uji coba nuklirnya yang ketiga kali. Tindakan negeri komunis itu memicu sanksi baru PBB yang menimbulkan kemarahan Korut, yang mengancam akan melancarkan serangan nuklir terhadap AS dan Korsel.


Editor: Ferlyando Sandala

BAGIKAN KE: