May 11, 2013

4 Triliun Rupiah Akan Dipacu Pemprov Sulut

Sinyo Harry Sarundajang. 
MANADO - Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang mengatakan infrastruktur yang sudah diajukan sejak awal telah disetujui yaitu pembangunan jalan Tol Manado-Bitung dengan biaya kurang lebih Rp 4 Triliun Rupiah akan dipacu pembangunannya.

Proyek tersebut yang menggunakan anggaran pusat untuk tahap pertama sebesar Rp 2 Triliun Rupiah, dimana pada tahap pertama ini tender proyeknya dilaksanakan bulan Oktober 2013 yaitu Manado-Airmadidi dan rencana ground breakingnya Januari 2014 tahun depanan kata Sarundajang.
“Jalan yang akan segerah dilaksanakan menyangkut MP3EI, karena Bitung tetap sebagai pelabuhan Hub Port sementara dibagun Tol Manado-Bitung, ini perjuangan yang sudah didepan mata ini harus torang pacu”, ujar Ketua Umum AIPI ini.

“Supaya ground breaking dari pada jalan Tol itu bisa dilaksanakan bulan Januari dan akan ditender pada bulan Oktober”, jelas mantan Gubernur Maluku dan Maluku Utara ini.

Sementara dia mengatakan untuk pembangunan pengmbangan pelabuhan Bitung sebagai pelabuhan peti kemas menuju internasional Hub Port, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, sejak awal telah masuk dalam list proyek MP3Ei.

Sedangkan Proyek-proyek penunjang lainnya telah dimasukan dalam proyek APBN, seperti infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, pelabuhan fery, pelabuhan umum yang terbesar di wilayah Provinsi Sulut, pengembangan pertanian, peternakan, perikanan dan lain-lain, kata Sarundajang.

Reporter: Terwin
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE: