May 20, 2013

Chuka Umunna Inggris Julukan "Barack Obama" Jadi Perhatian

Chuka Umunna. 

ACRA - Bintang baru politisi Partai Buruh Inggris, Chuka Umunna yang mendapat julukan "Barack Obama dari Inggris" kian menjadi perhatian kalangan politik di Inggris. Dalam kunjungan ke Acra, Ghana, Umunna mendesak Inggris untuk menjalin hubungan yang lebih agresif dengan negara-negara Afrika Barat yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Kantor berita AFP, hari Minggu (19/5/2013) melaporkan, dalam sebuah misi dagang ke Afrika Barat pekan lalu termasuk berkunjung ke negara asal ayahnya Nigeria, Umunna yang juga anggota parlemen Inggris menampik menyamakan dirinya dengan Presiden AS Barack Obama. "Alasan orang membuat perbandingan ini , jujur saja , karena tidak banyak orang kulit hitam yang terlibat dalam dunia politik barat," ujar Umunna yang mewakili distrik Streatham, London.

"Saya suka berbagai situasi di mana anda bisa terpilih sebagai polisi kulit hitam tanpa perlu dibandingkan dengan orang lain," ujarnya. Umunna (34) tumbuh di Streatham, London dan bekerja sebagai pengacara sebelum terpilih menjadi anggota parlemen tahun 2010. Dia putra dari seorang ibu asal Irlandia dan ayah dari Nigeria.

Dia sendiri sudah melakukan tujuh sampai delapan perjalanan ke Nigeria dan sempat tinggal cukup lama di sana selama masih anak-anak. Namun dia sudah tak pernah ke Nigeria sejak pemakaman ayahnya tahun 1992. Kini banyak pihak mulai berspekulasi kemungkinan Umunna suatu ketika menjadi PM Inggris tak ubahnya Obama di AS. Waktu yang menentukan.

Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE: