May 15, 2013

Jeffry Korengkeng Jadi Jabat Sekda Minahasa?

Jefri Korengkeng. 
TONDANO - Entah apa yang ada di benak Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang (IvanSa), tiba-tiba memercayakan Jeffry Korengkeng, menjabat PLt Sekretaris Daerah (Sekda).

Sejumlah kalangan menilai, rekam jejak Korengkeng, sebagai birokrat, memang sudah cukup berpengalaman, bahkan pernah menjadi PLt Walikota Tomohon. Sayangnya, menjadi Sekda di Kabupaten Minahasa, kata mereka, harus orang yang benar-benar menguasai birokrasi di Minahasa.

 “Saya heran, entah apa yang menjadi dasar pemikiran bupati dan wakil bupati, sehingga memercayakan Korengkeng menjadi Sekda Minahasa,” sembur Marthen T, warga Pineleng, kemarin.

Hal senada diungkapkan Meydi N, warga Rumengkor. Menurutnya, seharusnya Sajow dan Sarundajang lebih jeli lagi mengusulkan nama yang akan menjadi sekda.

“Paling tidak, lihat siapa yang berjasa atas terpilihnya Sajow dan Sarundajang saat Pemilu Kada Minahasa lalu. Setahu saya, Korengkeng nihil kontribusi. Artinya, tidak terlihat apa yang diperbuat Pak Korengkeng saat menunjang pencitraan JWS-IvanSa,” sebutnya.

Komentar lebih keras disampaikan sejumlah pengurus PDIP-P di Kecamatan Langowan Selatan. Menurut mereka, seharusnya JWS IvanSa mengajukan nama Roy Roring dan Meki Onibala sebagai sekda.

“Dibanding kontribusi Korengkeng, Roring dan Onibala yang lebih berbuat untuk mengantanrkan kemenangan JWS IvanSa. Kasihan jasa mereka tidak dihargai. Padahal mati-matian berjuang untuk JWS-IvanSa,” sorot Merdie Rantung, Wakil Ketua PAC PDI-P Kecamatan Langowan Selatan.
Wakil Gubernur Sulut, kepada wartawan kemarin di Kantor Gubernur mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan siapa yang akan menggantikan jabatan Korengkeng.

“Pokoknya tunggu saja. Bisa besok, lusa atau pecan depan. Tunggu saja yah,” tuturnya. Inspektur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jeffry R Korengkeng SH MSi, menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, menggantikan Drs Warouw Karouwan MM, yang telah memasuki masa pensiun.
Bupati Minahasa Sajow melantik Korengkeng. “Selamat bekerja untuk pelaksana tugas sekda yang baru,” ujar JWS.

Menurut JWS, pergantian Sekda, dalam rangka peningkatan kinerja, apalagi sekda yang lama telah masuk masa pensiun. “Tugas sekda itu sangat banyak, jadi tidak boleh ada lowong,”ujar JWS.

Sumber: Js
Editor: Ferlyando

BAGIKAN KE: